Wahyuda, Vicke Sandi (2019) Implementasi Pembelajaran Saintifik Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Jabon Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Ciri khas pembelajaran dalam kurikulum 2013, adalah menggunakan pendekatan saintifik. Sebagai fasilitator dan motivator, guru IPS diharuskan untuk menguasai dan memahami penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Melalui penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran, peserta didik lebih mudah menguasai pelajaran. Dengan demikian, penguasaan pelajaran siswa Indonesia yang berada pada level rendah akan segera teratasi, sehingga kualitas lulusan (out put) lembaga semakin meningkat dan teknik pengajaran yang diterapkan juga modern, serta tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik juga akan meningkat. Bertambahnya tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik dapat mewujudkan tujuan sekolah yang memiliki lulusan berkualitas secara akademik. SMPN 1 Jabon merupakan sekolah negeri di kabupaten Sidoarjo yang memiliki tujuan agar terwujudnya lulusan berkualitas secara akademik dan nonakademik
Kurikulum berbasis kompetensi dan karakter diharapkan mampu memecahkan berbagai persoalan bangsa khususnya dalam bidang pendidikan, dengan mempersiapkan peserta didik melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap sistem pendidikan secara efektif, efisien, dan berhasil guna. Oleh karena itu, merupakan suatu langkah yang positif ketika pemerintah (Mendikbud) merevitalisasi pendidikan karakter dalam seluruh jenis dan jenjang pendidikan..
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama Negeri
1 Jabon, (2) Mendeskripsikan kendala-kendala guru IPS dalam menerapkan kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jabon
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alat dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data, data yang terkumpul dari teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dikelompokkan dan diorganisasikan, sehingga dapat menjawab fokus penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bagaimana proses pembelajaran saintifik dalam pembelajaran ips terpadu di SMPN 1 jabon telah berjalan dengan baik proses pembelajaran nya sesuai dengan kaidah pembelajaran saintifik , (2) kendala guru ips didalam menereapkan pembelajaran saintifik di SMPN 1 jabon hasil observasi menunjukkan ada beberapa faktor kendala dalam proses pembelajaran seperti, Kemampuan siswa,sarana Prasarana,Buku dan Media pembelajaran. Saran yang dapat peneliti Pemerintah perlu meningkatkan sosialisasi Kurikulum 2013 khususnya berkenaan dengan penilaian berbasis Kurikulum2013,dan buku guru dan siswa harus segera didistribusikan agar pembelajaran berjalan lancar.
ENGLISH:
The characteristic of learning in the 2013 curriculum is to apply a scientific approach. As facilitators and motivators, IPS teachers are required to master and understand the application of a scientific approach in learning. By applying the scientific approach in learning, students more easily advance the lesson. Thus, the mastery of Indonesian students' lessons at a low level will be overcome fast, leading to the quality of graduates (output) from institutions, increasing and the teaching techniques applied - modern, and the level of knowledge possessed by learners will also grow. Increased level of knowledge of the students) goals namely having qualified graduates academically. SMP N 1 Jabon is a public school in Malang regency, which has aims to create qualified graduates academically and non-academic.
Competency-based curriculum and character be expected to solve the vari- ous problems of the nation, especially in the field of education, to prepare learners through planning, implementation, and evaluation of the education system in an effective, efficient, and effective ways. Therefore, it is a very positive step when the government (mendikbud) to revitalize the character education in all types and levels of education.
he aims of this study are: (1). To describe the implementation of Curricu- lum 2013 in IPS Learning in Junior High School, 1 Jabon. (2) To describe the Social Studies Teachers’ constraints in implementing Curriculum 2013 at SMPN 1 Jabon
To achieve the above objectives, a qualitative approach with descriptive research is used. Tools and techniques of data collection used are: observation, interview, and documentation. As for data analysis, data collected from data collection techniques from observation, interview, and documentation are grouped and organized, so that it can answer the focus of research.
The results revealed that (1) Learning design by empoying Scientific Approach in Integrated IPS Subject Class VII at SMP N 1 jabon has fulfilled scientific norms, (2) Learning process by using Scientific Approach on Integrated IPS Subject Class VII at SMP N 1 jabon has fulfilled scientific norms.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pendekatan saintifik; mata pelajaran ips; kelas vii; smpn 1 jabon;scientific approach; ips subject; vii class; smp n 1 jabon | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2020 14:57 | ||||||
Last Modified: | 17 Feb 2020 14:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16071 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |