Marap, Muzayyin Lidinillah (2019) Peran guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa di Madrasah Tsanawiyah Almaarif 01 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12130133.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pada saat ini banyak toleransi dikalangan pemuda penerus bangsa khususnya para pelajar terhadap sesama, baik kalangan pribumi dengan non pribumi antar umat beragama, antar suku dan lain-lain sangat rendah, hal ini terlihat dari aksi tawuran yang dilakukan oleh para pelajar yang menandakan kurangnya rasa toleransi karena lebih mementingkan ego sendiri dari pada prestasi untuk negeri ini. Oleh karena itu, dalam upaya menumbuhkan sikap toleransi peran guru disini sangat dibutuhkan dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa sejak dini sehingga tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Berangkat dari latar belakang tersebut, penulis bermaksud membahas peran guru ilmu pengetahuan sosial dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa khusus kelas VII Madrasah Tsanawiyah Almaarif 01 Singosari.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru IPS dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa Madrasah Tsanawiyah Almaarif 01 Singosari dan untuk mengetahui sikap toleransi siswa Madrasah Tsanawiyah Almaarif 01 Singosari yang dilakukan dalam bentuk kegiatan sehari-hari yang mereka lakukan baik di dalam kelas maupaun di luar kelas.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah dengan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Kemudian langkah akhir dalam analisis data penulis menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa sebagai berikut, guru sebagai pembimbing, guru, jembatan antar generasi, stimulus kreatifitas, dan sebagai otoritas. Sedangkan bentuk sikap toleransi siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Almaarif 01 Singosari yaitu, saling menghormati antar sesama, membantu antar sesama dalam kebaikan, tidak mau menertawakan suku, ukuran tubuh, gender, atau otoritas seksual lainnya, memfokuskan pada persamaan bukan pada perbedaan, dan tidak menolak orang yang berbeda atau tidak berpengalaman untuk bergabung.
ENGLISH:
Todays we can see much tolerance in yauth ages as the nation generations especially for students to each other, even local people to strangers with the members of religios community, among ethic groups and others in very low. It is shown by negative action as students fights that happened as the result of lock of tolerance because they are prioritised their ego more that their achievement for this country. So that, really the role of theacher is needed to grow the tolerance sarts from child ages in order to be habitual activities in this life.
The purpose of this research is to know the social teachers role in growing tolerance of Madrasah Tsanawiyah Almaarif 01 Singosari students and to know the tolerance of Madrasah Tsanawiyah Almaarif 01 Singosari students that is done in the form of their habitual activities both in or aout of the class.
The type of this research is descriptive qualitative with study case method. Data collection method is done by some steps: observising, interviewing, documenting wich are related to research object. Thet the researcher applies the last step by analizing qualitative data.
This research result shows teacher’s role in growing tolerance among students are like teacher is guider, teacher is as, bridge among generations, stimulate the creativuties, and as the otority. While the tolerance forms of VII grade students of Madrasah Tsanawiyah Almaarif 01 Singosari are respecting each others, helping in positive things, no underestimate eathnic, religion, body size, gender, or other sexualy otorities, tocusing on similarity not in contradiction, accepting different people or lock of experience people to join the community.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susilawati, Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | peran guru; sikap toleransi; teacher’s role; tolerance | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2020 14:56 | ||||||
Last Modified: | 17 Feb 2020 14:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16070 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |