Muchlason, Achmad (2019) Pola pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMAN 1 Grati Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12130034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dinikepada anak-anak. Banyak faktor yang menyebabkan runtuhnya potensi bangsa Indonesia pada sat ini. Diantaranya adalah faktor pendidikan. Kita tentu sadar bahwa pendidikan merupakan mekanisme institusional yang aka mengakselerasi pembinaan karakter bangsa dan juga berfungsi sebagai arena mencapai tiga hal prisipal dalam pembinaan karakter bangsa. Persoalan budaya dan karakter bangsa kini menjadi sorotan tajam masyarakat. Sorotan itu mengenai berbagai aspek kehidupan,tertuang ke dalam berbagai tulisan di media cetak, wawancara, dialog, dan gelar wicara di media elektronik. Alternatif lain yang banyak dikemukakan untuk mengatasi paling tidak mengurangi masalah budaya dan karakter bangsa yang dibicarakan itu adalah pendidikan. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pola Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS di SMAN 1 Grati Pasuruan”.
Tujuan penelitian ini adalah utuk mengetahui pola pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS dan juga untuk menegetahui faktor pendukung dan penghambat pola pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMAN 1 Grati Pasuruan. yang dilakukan dalam bentuk kegiatan sehari-hari yang mereka lakukan baik di dalam lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah dengan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Kemudian langkah akhir dalam analisis data penulis menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS diawali dengan menyusun perencanaan pembelajaran berupa silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Di dalam perencanaan tersebut guru mencantumkan nilai- nilai karakter yang diharapkan. Untuk memunculkan nilai karakter tersebut, guru sering menggunakan metode pembelajaran ceramah dan diskusi. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran sosiologi mengacu pada tiga pilar pendidikan karakter yang meliputi moral knowing, moral feeling, dan moral doin.
ENGLISH:
Character education is a nation's foundation that is very important and needs to be instilled from the moment on the children. Many factors have led to the collapse of Indonesia's potential at this time. Among them are educational factors. We are certainly aware that education is an institutional mechanism that will accelerate the development of national character and also function as an arena to achieve the three principles in fostering national character. The issue of culture and character of the nation is now in the spotlight of the public. The spotlight on various aspects of life, contained in various writings in print media, interviews, dialogue, and the title of speech in electronic media. Another alternative that is widely stated to address is at least reducing the problem of culture and national character that is being discussed is education. Based on the background described above, the researcher is interested in conducting research with the title "Character Education Patterns in Social Studies Learning at SMAN 1 Grati Pasuruan".
The purpose of this study is to know the pattern of character education in social studies learning and also to find out the supporting factors and obstacles to the character education pattern in social studies learning at SMAN 1 Grati Pasuruan. Done in the form of daily activities that they do both within the school environment and outside the school environment.
The type of research used by the author is descriptive qualitative with a case study method. The method of data collection is done by stages of observation, interviews and documentation relating to the object of research. Then the final step in analyzing the data of the author uses qualitative data analysis.
The results of this study indicate that the implementation of character education in social studies learning begins with preparing learning plans in the form of syllabi and Learning Implementation Plans (RPP). In the plan the teacher lists expected character values. To bring up the character value, the teacher often uses lecture learning methods and discussions. In its implementation, sociology learning refers to three pillars of character education which include moral knowing, moral feeling, and moral doin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pendidikan karakter; pembelajaran ips; character education; ips learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2020 14:55 | ||||||
Last Modified: | 17 Feb 2020 14:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16069 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |