Elhanida, Sarifa Vevy (2019) Model manajemen diri siswa penghafal Al-Qur’an: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Sunan Giri Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15410196.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA :
Siswa yang tinggal di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Sunan Giri Surabaya memiliki dua tugas utama yaitu belajar sebagai siswa dan juga menghafalkan Al-Qur’an. Kedua tanggung jawab tersebut menjadi sebuah beban bagi siswa sehingga mereka harus memikirkan cara bagaimana harus bisa membagi waktu untuk melaksanakan hal tersebut. Apalagi menghafalkan Al-Qur’an bukanlah suatu proses yang mudah, dibutuhkan manajemen diri yang baik dari dalam diri individu agar mampu menghadapi dan melaksanakan kedua tanggung jawab tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model manajemen diri yang dimiliki oleh siswa yang juga menghafalkan Al-Qur’an. Teori Gie mengenai manajemen diri berarti segenap langkah dan tindakan mengatur serta mengelolah diri sendiri agar tercapainya tujuan yang diinginkan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa yang sedang menempuh pendidikan di MA Sunan Giri Surabaya dan tinggal di Pondok Pesantren Sunan Giri Surabaya dan pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif interpretatif, aktifitas dalam analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan meliputi triangulasi sumber, perpanjangan pengamatan.
Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa model manajemen diri yang dimiliki siswa ada tiga yaitu self regulating activities, penetapan tujuan dan manajemen waktu, ketiga hal tersebut yang membantu siswa untuk mempunyai manajemen diri yang baik. Dan untuk faktor yang mempengaruhi manajemen diri pada siswa penghafal Al-Qur’an ada dua, yaitu fakto pendukung yang berupa self motivation, self discipline dan persistence serta social support dari lingkungan terdekat. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu low motivation, learned hopelessness serta pengaruh dari teman sebaya
ENGLISH :
The students who live in the Sunan Giri Tahfidzul Qur'an Islamic boarding school of Surabaya have two main tasks, namely learning as students and also memorizing the Qur'an. Both of these responsibilities become a burden for the students and think to be able to divide the time. Moreover, memorizing the Qur'an is not an easy process, it requires good self-management within the individual in order to be able to face and carry out these two responsibilities.
The purposes of the research are to determine self-management model possessed by students who also had been memorizing the Qur'an. Gie's theory of self-management means all steps and actions in governing and managing individual in order to achieve the desired goals.
The research uses descriptive qualitative methods. The research subjects are the students who have been studying at Sunan Giri Senior High school of Surabaya and staying at the Sunan Giri Islamic Boarding School of Surabaya and retrieval of data uses observation, interviews, and documentation. The data analysis technique uses the analysis of interpretive qualitative data; activities in data analysis include data reduction, data presentation and conclusion. The validity test of the data includes source triangulation, extension of observation.
The research results revealed that self-management model possessed by the students had three models, namely self regulating activities, setting goals and time management; these three things help the students to have good self-management. The factors that affect self management in students of Al-Qur'an learners are two factors, first: supporting factors are self motivation, self discipline and persistence and social support from the closest environment. The inhibiting factors are low motivation, learned hopelessness and peers influence.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Jamaluddin, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | manajemen diri; siswa penghafal Al-Qur’an; self-management; student of Al-Qur'an learners | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2020 13:55 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2020 13:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15812 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |