Maulana, M. Wildan (2019) Pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada Toko Online “Gifuto Handicraft” di Instagram. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14410218.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kepercayaan konsumen merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis terutama bisnis dengan sistem online. Fenomena yang terjadi saat ini, jual beli online melalui media sosial salah satunya Instagram semakin marak dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, walaupun terdapat lembaga e-commerce yang sudah dilegalkan oleh pemerintah. Di sisi lain, penipuan dengan modus jual beli online juga semakin meningkat. Kedua fenomena tersebut menuntut konsumen untuk lebih cerdas dalam memilih toko online yang dapat dipercaya sebelum membuat keputusan pembelian. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tingkat kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian serta pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada sebuah toko online "Gifuto Handicraft" di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan kepada konsumen dari toko online Gifuto Handicraft dengan jumlah sampel 100 orang dengan menggunakan skala likert 4 point. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa kepercayaan konsumen memiliki tingkat sebaran tinggi yaitu 72%, sedangkan keputusan pembeli memiliki tingkat sebaran yang lebih tinggi yaitu 73%. Berdasarkan output pengolahan data dengan spss versi 16, diperoleh hasil bahwa kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai rxy = 0,664, sig = 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan semakin tinggi kepercayaan konsumen maka akan semakin tinggi keputusan pembelian.
ENGLISH:
Consumer trust is important in a business, especially business with an online system. The current phenomenon, buying and selling online through social media, one of which is Instagram, is increasingly prevalent with various facilities offered, even though there are many e-commerce institutions that have been legalized by the government. On the other hand, deception with the mode of buying and selling online is also increasing. Both of these phenomena require consumers to be smarter in choosing a trustworthy online store before making a purchase decision. This study aims to determine level of consumer trust and purchasing decisions of consumers, and to determine influence of consumer trust in purchasing decisions at "Gifuto Handicraft" online store on Instagram. This study used quantitative research methods. This research was conducted to 100 consumers of Gifuto Handicraft online store as sample with likert Scale 4 point. The results of this study illustrated that consumer trust has a high spread rate of 72%, while the purchasing decision has a higher distribution rate of 73%. Based on the data processing output with SPSS 16 version, the results have shown that consumer trust has a significant effect on purchasing decisions with the value of rxy = 0.664, sig = 0.000 <0.05. Therefore, the conclusion was the higher consumer trust would increased purchasing decision.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mangestuti, Retno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kepercayaan konsumen; keputusan pembelian; instagram; consumer trust; purchase decision | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2020 11:57 | ||||||
Last Modified: | 04 Feb 2020 11:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15650 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |