Maghfirah, Husnul (2019) Analisis store layout pada Royal ATK: Studi kasus pada toko ritel Royal ATK di Jalan Ciliwung Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15510044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Store layout dapat mempengaruhi berapa lama konsumen berada di dalam toko, berapa banyak produk yang dapat dilihat lewat kontak visual dan route yang dilewati konsumen, serta mampu mempermudah konsumen untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan. Royal ATK sebagai salah satu stationary di Kota Malang yang menerapkan kebijakan store layout untuk membuat konsumen merasa nyaman dan mempermudah mencari produk yang diinginkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kebijakan store layout serta kebijakan penempatan produk yang di terapkan oleh Royal ATK. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengambilan data yang dilakukan melalui teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada store manager, konsumen dan pramuniaga. Untuk observasi dilakukan secara langsung pada keadaan di Royal ATK.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Royal ATK mengunakan tipe grid layout dan free flow layout. Tipe grid layout merupakan pola kisis-kisi yang terdiri atas gondola panjang dan lorong-lorong dengan pola berulang, sedangkan untuk tipe free flow layout yaitu tata letak lengkung yang memberi kesan bersahabat serta dapat mendorong dapat mendorong konsumen untuk bersantai dalam memilih. Untuk penempatan produk, manajemen Royal ATK mengelompokkan barang berdasarkan jenisnya, yang memiliki keterkaitan antara barang yang diletakkan pada display.
ENGLISH:
Store layout is able to affect the length duration of consumers spend in store, the number of products which they are able to see visually and route which is passed by consumers. In addition, it is able to facilitate the consumers to gain their needed things. Royal Stationery is one of the stationery in Malang which applies store layout policy to build consumers’ comfort and to ease them for product searching.
Aim of this current study is to reveal store layout and product placement applied in Royal Stationery. This research is a descriptive qualitative research approach. The researcher collected the data by interview, observation, and documentation. In interview processed, the researcher interviewed store manager, consumers, and clerk. While for observation, the researcher directly observed the condition of Royal Stationery.
Finding of the research shows that Royal Stationery applies grid and free flow layout. Grid layout type is a lattice pattern consisting of long gondolas and aisle passages with repetitive patterns. While, free flow layout is curved layout that promotes the impression of being friendly and encourages consumers to relax in product choosing. Royal Stationery management classifies the stuffs based on its type which correlate with the display.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | store layout; produk; product | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2020 10:31 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2020 10:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15521 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |