Pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat membeli konsumen pada minimarket Indomart dan minimarket Alfamart

Bariroh, Hikmatul (2015) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat membeli konsumen pada minimarket Indomart dan minimarket Alfamart. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

[img]
Preview
Text (Introduction)
11410152_Pendahuluan.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
11410152_Indonesia.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
11410152_Inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
11410152_Arab.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
11410152_Bab_1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
11410152_Bab_2.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
11410152_Bab_3.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
11410152_Bab_4.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
11410152_Bab_5.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
11410152_Daftar_Pustaka.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Appendices)
11410152_Ringkasan.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Summary)
11410152_Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Kualitas pelayanan adalah segala bentuk pelayanan yang dilakukan oleh seseorang atau penyelenggara jasa secara maksimal dengan segala keungggulan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Baik dan tidak baiknya kualitas pelayanan akan berdampak pada minat membeli konsumen karena dalam pembelian terdapat evaluasi yang dilakukan konsumen. Konsumen akan mengevaluasi baik atau kurang baiknya pelayanan yang diberikan oleh pihak penyelenggara jasa. Jika kualitas pelayanan tidak dibenahi maka akan banyak konsumen yang akan menjatuhkan pilihanya pada produk atau perusahaan lain dan ini sangat merugikan perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kualitas pelayanan di minimarket Alfamart dan minimarket indomaret, (2) Minat membeli di minimarket Alfamart dan minimarket indomaret, (3) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat membeli konsumen minimarket Alfamart dan minimarket indomaret, (4) Perbedaan kualiatas pelyanan dan minat membeli konsumen pada minimarket alfamart dan indomaret.

Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu skala kualitas pelayanan yang terdiri dari 32 aitem dan minat membeli yang terdiri dari 16 aitem yang disebar kepada 60 konsumen alfamart dan 60 konsumen indomaret. analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi, analisis regresi dan uji beda (T-test).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kualitas pelayanan (X) minimarket alfamart dan indomaret masuk pada kategori tinggi dan terdapat perbedaan diantara keduanya dimana pada alfamart 63,33% dan pada indomaret 51,67%. Pada minat membeli (Y) masuk pada kategori sedang pada konsumen alfamart 74% dan indomaret 79%. Hasil analisis regresi diperoleh nilai Fhitung sebesar 4.840 dengan signifikansi 0,030<0,05 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengeruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap minat membeli konsumen. Dimensi kualitas pelayanan Assurance (X3) saja yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap minat membeli (Y) karena P < 0,05. Hasil uji beda kualitas pelayanan diperoleh signifikansi 0,043 < 0,05. Hal ini berarti tidak ada perbedaan nyata dan signifikan kualitas pelayanan antara minimarket Alfamart dengan Indomart.Sedangkan pada minat membeli diperoleh signifikansi 0,240 > 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan nyata dan signifikan minat membeli antara minimarket Alfamart dengan Indomart.

ENGLISH:

Quality of service is all forms of services performed by a person or service providers optimally with all advantages in order to meet the needs and expectations of customers. Good and bad quality of service will have an impact on consumer buying interest. Because in buying have consumer evaluation. Consumers will be better or less good evaluate the services provided by the service providers. If the quality of service is not addressed it will be many consumers who will drop pilihanya on the product or any other company and this is very detrimental to the company.

This study aims to determine: (1) quality of service in Alfamart and Indomart (2) buying interest in Alfamart and Indomart (3) influence of quality of service to consumer to buy in Alfamart and Indomart (4) difference of service quality on consumer buying interest of Alfamart and Indomart.

This research uses quantitative method. The instrument is Questionnaires there are 32 items of quality of service there are 16 item of interest in buying. toward 60 consumers of Alfamart and 60 consumers of Indomaret. While the data analysis method used is assumption test, descriptive analysis, contrast test and regression analysis.

The results of the descriptive analysis showed that the variable quality of service (X) included in the high category, and have difference the Alfamart had 63,33% and at 51,67% for Indomart. In the variable (Y) interest to buy in the medium category, the Alfamart had 74% and at 79% for Indomart. Results determinant the regression coefficient of service quality F 4.840 with significance 0,030<0,05 The results of have significant influence on buying interest (Y). This indicates that the service quality assurance (X3) who have significant influence on buying interest (Y) because the value of sig is P < 0,05. The results of the contrast test showed that the quality the significance of 0.043 <0.05. It means there is no significant and real difference between the service quality of Alfamart with Indomart. while on buying interest can significance 0.240> 0.05. thus, there is a real and significant difference between the buying interest to Alfamart and to Indomart.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mangestuti, Retno
Keywords: Kualitas Pelayanan(Kehandalan); Daya Tanggap; Jaminan; Empati; Produk- Produk Fisik; Minat Membeli Konsumen; Quality Of Service (Reliability); Responsiveness; Assurance; Empathy; Tangible (Physical Products)); Interest Of Consumer Buying
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170202 Decision Making
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Chusnul Faida Ulfa
Date Deposited: 11 Sep 2015 01:28
Last Modified: 11 Sep 2015 01:28
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1552

Actions (login required)

View Item View Item