Alya, Saiful Haida (2019) Analisis pengaruh pengetahuan konsumen dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian produk Herbalife di Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14510090.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT
The development of the health business in Indonesia is very promising, so the intensity of market competition is also getting higher. Companies are required to understand the needs, desires and behavior of consumers that occur in the community, because it becomes capital in developing strategies to achieve company targets and can outperform competitors with the best product quality. In this case consumer knowledge and consumer perceptions have an important role in making purchasing decisions. As PT. Herbalife, producer of natural health nutrition has done, they must be able to be at the forefront by doing promotion effectiveness to reach the company's goals.
This study is aimed to measure and test the extent of the influence of consumer knowledge (X1) and consumer perception (X2) on purchasing decisions of Herbalife products in Malang City. This type of descriptive research (descriptive research) with a quantitative approach. Using the accidental sampling method, the sampling technique is based on subjective judgment through those who has ever bought and consumed Herbalife products in Malang City. Data collection techniques use the survey method. The analysis of the hypothesis uses correlation analysis and multiple linear regression by considering the classical assumption test.
Based on the results of the study using multiple linear regression analysis the equation Y = 1.247 + 0.166 X1 + 0.486 X2, from the equation it can be seen that consumer knowledge (X1) and consumer perception (X2) partially or simultaneously have a positive and significant influence on purchasing decisions . The results of the calculation of the determinant coefficient (R Square) obtained a value of 0.667, the value indicates that consumer knowledge and consumer perceptions are able to explain purchasing decisions by 66.7% while the remaining 33.3% is explained by other variables not examined.
ABSTRAK
Perkembangan bisnis kesehatan di Indonesia sangat menjanjikan, sehingga intensitas persaingan dipasar juga semakin tinggi. Perusahaan dituntut untuk memahami kebutuhan, keinginan dan perilaku konsumen yang terjadi di masyarakat, karena hal itu menjadi modal dalam menyusun strategi untuk mencapai target perusahaan dan dapat mengungguli pesaing dengan kualitas produk yang terbaik. Dalam hal ini pengetahuan konsumen dan persepsi konsumen memiliki peran yang sangat penting dalam pengambilan keputusan pembelian. Begitu pula yang dilakukan oleh PT. Herbalife yang merupakan produsen nutrisi kesehatan alami, mereka harus mampu menjadi yang terdepan dengan melakukan efektifitas promosi untuk menggapai tujuan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menguji sejauh mana pengaruh pengetahuan konsumen (X1) dan persepsi konsumen (X2) terhadap keputusan pembelian produk Herbalife di Kota Malang. Jenis penelitian deskriptif (descriptive research) dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan metode pengambilan sampel accidental sampling yaitu teknik pengambilan sampel didasarkan pada pertimbangan atau penilaian subjektif yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk Herbalife di Kota Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey. Adapun analisis hipotesis menggunakan analisis korelasi dan regresi linier berganda dengan mempertimbangkan uji asumsi klasik.
Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda didapatkan persamaan Y= 1,247 + 0,166 X1 + 0,486 X2, dari persamaan tersebut dapat diketahui bahwa pengetahuan konsumen (X1) dan persepsi konsumen (X2) secara parsial maupun simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil perhitungan koefisien determinan (R Square) diperoleh nilai sebesar 0,667, nilai tersebut menunjukkan bahwa pengetahuan konsumen dan persepsi konsumen mampu menjelaskan keputusan pembelian sebesar 66,7% sedangkan 33,3% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pengetahuan konsumen; persepsi konsumen; keputusan pembelian; consumer knowledge; consumer perception; purchasing decision | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2020 09:46 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2020 09:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15481 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |