Responsive Banner

Implementasi marketing mix produk takaful dana pendidikan (fulnadi) pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Khalifah Agency Malang

Arianto, Aida Dian Nirmala (2019) Implementasi marketing mix produk takaful dana pendidikan (fulnadi) pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Khalifah Agency Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
15540006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Strategi pemasaran merupakan cara yang digunakan perusahaan agar dapat memenangkan persaingan dan mengembangkan usaha yang telah dijalankannya. Salah satu strategi yang menjadi primadona dalam mengembangkan suatu usaha hingga saat ini adalah strategi marketing mix, yaitu kumpulan dari beberapa variabel yang saling mendukung agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Latar belakang dalam penelitian ini berdasarkan hasil survei data yang diperoleh dari PT. Asuransi Takaful Keluarga bahwa jumlah peserta produk Takaful Dana Pendidikan (FULNADI) di PT. Asuransi Takaful Keluarga Khalifah Agency Malang mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Hal tersebut menggambarkan keberhasilan penerapan strategi marketing mix yang digunakan oleh PT. Asuransi Takaful Keluarga Khalifah Agency Malang. Tujuan peneliti ini, untuk mengetahui implementasi marketing mix yang digunakan oleh PT. Asuransi Takaful Keluarga Khalifah Agency Malang, sehingga produk Takaful Dana Pendidikan (FULNADI) menjadi produk yang banyak diminati masyarakat dan mengalami kenaikan jumlah peserta di setiap tahunnya dan mampu bersaing dengan produk pendidikan yang ada di perusahaan asuransi lain.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Terdapat 7 informan yang digunakan sebagai subjek dalam penelitian. Dimana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan terakhir melakukan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi marketing mix produk Takaful Dana Pendidikan (FULNADI) pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Khalifah Agency Malang hanya menerapkan 5P dari variabel 7P yang ada pada marketing mix, meliputi produk yang memberikan 4 manfaat yang tidak ada pada produk pendidikan di asuransi lain, yakni Al-Khoirot (meninggal dunia), dana tahapan, beasiswa, bebas nabung jika ada risiko meninggal dunia pada pemegang polis, harga yang relatif lebih murah, promosi yang dilakukan secara langsung dengan menggunakan direct selling, sosialisasi, brosur dan media sosial, pelayanan agen yang ramah, serta proses pencairan yang mudah dan tidak mempersulit peserta.

ENGLISH:

Marketing strategy is a method used by the company to win the competition and develop the business it has run. One strategy that has been excellent in developing a business to date is the marketing mix strategy, wich is a collection of several variables that support each other in order to archieve company goals. The background in this study is based on the result of survey data obtained from from PT. Asuransi Takaful Keluarga that the number of participants of Takaful Dana Pendidikan (FULNADI) product at PT. Asuransi Takaful Keluarga of the Khalifah Agency of Malang has increased every year. This illustrates the ssuccesful imlemantation the marketing mix strategy used by PT. Khalifah Agency Malang Family Takaful Insurance. The aim of this reasearcher is to find out how the marketing mix used by PT. Takaful Family Insurance Malang Khalifah Agency so that Takaful Dana Pendidikan (FULNADI) product become become products that are great demand by the community so that the number of participants increases every year and is able to complete with existing education products at other insurance companies.

This research uses a qualitative case study approach. There are 7 informants used as subject in this study. Where data is obtained through observation, interviews, documentation and tringulation. The data analysis used is data reduction, data presentation and finaly conclusions.

The results showed that the implementation of marketing mix of Takaful Dana Pendidikan (FULNADI) product at PT.The Khalifah Agency Malang Family Takaful Insurance only applies 5P of the 7P variable in the marketing mix, which is a product that provides 4 benefits that are not available in other insurance products, namely Al-Khoirot (death), funding stages, schoarships, free savings if there is a risk of death for policyholders, the price is relatively cheaper, promotions are carried out directly, using direct selling, outreach brochures and social media, friendly agent services, and easy disbursement processes that do not complicated participants.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hasan, Irmayanti
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDHasan, IrmayantiUNSPECIFIED
Keywords: marketing; marketing mix; PT. asuransi takaful keluarga
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Mar 2020 13:57
Last Modified: 06 Mar 2020 13:57
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15423

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item