Wardani, Intan Kumalasari (2019) Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kecerdasan emosi siswa SMA Islam NU Pujon. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14410071.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Setiap anak diharapkan memiliki kecerdasan emosi yang baik, dengan adanya kecerdasan emosi yang baik tentunya akan membantu anak mampu mengontrol setiap emosi yang dirasakan serta menjadikan anak sebagai makhluk social yang baik bagi lingkungan sekitarnya. dalam mencapai kecerdasan emosi yang baik tentu peran lingkungan terdekat sangatlah penting yaitu lingkungaan keluarga. Beberapa fakta mengenai hal tersebut telah ditemukan oleh peneliti pada sebagian siswa-siswi yang tengah menempuh pendidikan di SMA Islam NU Pujon.
Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X SMA Islam NU Pujon, dengan menggunakan teknik simple random dengan jumlah sampel n=126 anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistic dengan program perhitungan SPSS.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) tingkat keharmonisan keluarga siswa-siswi kelas X SMA Islam NU Pujon diperoleh 18 orang (14,3%) dengan kategori tinggi, 90 orang (71,4%) pada kategori sedang, dan 18 orang (14,3%) pada kategori rendah. 2) tingkat kecerdasan emosi siswa-siswi kelas X SMA Islam NU Pujon diperoleh 16 orang (12,7%) dengan kategori tinggi, 90 orang (71,4%) pada kategori sedang, dan 20 orang (15,9%) pada kategori rendah. 3) Adanya pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kecerdasan emosi siswa-siswi kelas X SMA Islam NU Pujon sebesar 15,2%.
ENGLISH:
Every child is expected to have good emotional intelligence, it will certainly help child to control every emotion that is felt and make child as good social creatures for the surrounding environment. In achieving good emotional intelligence, it needs the role of the closest environment, namely the family environment. Some facts about this matter have been found by researcher in some of the students who were studying at Pujon Nahdhotul Ulama Islamic Senior High School.
The research uses quantitative descriptive research. The subjects of the research are the students of class X at Pujon Nahdhotul Ulama Islamic Senior High School, and it uses a simple random technique with a sample of n = 126 children. The data analysis technique uses statistical analysis techniques with the SPSS calculation program.
The results of the research are: 1) the level of family harmony of students of class X at Pujon Nahdhotul Ulama Islamic Senior High School is obtained 18 people (14.3%) with a high category, 90 people (71.4%) in the medium category, and 18 people (14 , 3%) in the low category. 2) the level of emotional intelligence of class X students at Pujon Nahdhotul Ulama Islamic Senior High School is obtained 16 people (12.7%) with a high category, 90 people (71.4%) in the medium category, and 20 people (15.9%) in the category low. 3) The influence of family harmony against the emotional intelligence of class X students at Pujon Nahdhotul Ulama Islamic Senior High School is 15.2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yusuf, Aris Yuana | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | keharmonisan keluarga; kecerdasan emosi; family harmony; emotional intelligence | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 13 May 2020 15:34 | ||||||
Last Modified: | 13 May 2020 15:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15370 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |