Saniah, Lailiatus (2019) Game pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan logika fuzzy interval type-2 sebagai penentu pergerakan NPC (Non Player Character). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15650057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran kosakata Bahasa Arab pada usia dini adalah hal yang sangat penting, karena Bahasa Arab merupakan pintu masuk utama manusia dalam memahami semua ajaran islam yang ada dalam Al’Quran. Berangkat dari pentingnya belajar Bahasa Arab dibangunlah sebuah game 3D yang bersifat edukatif. Game adalah media hiburan yang banyak diminati semua tingkat usia. Kualitas game dilihat dari beberapa hal, baik dari kecerdasan buatannya, tema yang diberikan, dan lain sebagainya. Agar menghasilkan perilaku NPC (Non Player Character) yang cerdas ditambahkan kecerdasan buatan atau Artificial Intellegence (AI). Penggunaan kecerdasan buatan pada perilaku NPC dilakukan dengan penambahan logika khusus sesuai dengan perilaku yang diharapkan.
Penelitian ini membahas perubahan perilaku NPC (Non Player Character) yang diatur oleh Fuzzy Interval Type-2 untuk menghasilkan keputusan perilaku NPC yang variatif. Dalam penelitian ini, digunakan 3 input variabel jarak, kesehatan, dan amunisi dengan menghasilkan 4 output perilaku yaitu mengejar, menghindar, menembak, dan berjaga. Pengujian pada game ini, dilakukan menggunakan toolbox fuzzy pada Matlab. Game ini dibuat agar dapat dijadikan salah satu media belajar kosakata Bahasa Arab yang menarik untuk siswa sekolah dasar kelas 4 SD/MI. Penelitian ini membuktikan bahwa Fuzzy Interval Type-2 dapat diimplementasikan pada game yang dibangun, dan menghasilkan rata-rata persentase variabel output yaitu berjaga sebesar 20%, menghindar 26.66%, menembak 30%, dan mengejar sebesar 23.33%.
ENGLISH:
Learning Arabic vocabulary at an early age is very important, because Arabic is the main entrance for humans in understanding all Islamic teachings in Al-Qur'an. Starting from the importance of learning Arabic, an educative 3D game was created. Games are entertainment media that are in great demand by all ages. Game quality is seen from several aspects, from artificial intelligence, themes given, and others. In order to produce intelligent behavior of NPC (Non Player Character), Artificial Intelligence (AI) is implemented. Use of artificial intelligence on NPC behavior by adding special logic according to the desired behavior.
This study discusses the change in behavior of NPC (Non Player Character) which is governed by Fuzzy Interval Type-2 to produce varied NPC behavior decisions. In this study, 3 variable inputs were used, namely distance, health, and ammunition by producing 4 behavioral outputs namely chasing, avoiding, shooting, and guarding. Testing on this game uses the fuzzy toolbox in Matlab. This game is made so that it can be used as one of the interesting Arabic vocabulary learning media for 4th grade elementary / MI elementary school students. This study proves that Fuzzy Interval Type-2 can be implemented in the game that was built, and produces an average percentage of output variables, namely guarding 20%, avoiding 26.66%, shooting 30%, and chasing 23.33%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Faisal, Muhammad and Holle, Khadijah Fahmi Hayati | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | fuzzy type-2; bahasa arab; unity; game; pembelajaran; non player character; matlab; arabic language | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 30 Apr 2020 14:41 | |||||||||
Last Modified: | 30 Apr 2020 14:41 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15312 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |