Isnaini, Dewi (2019) Pencarian rute terpendek Non-Player Character (NPC) dengan metode floyd warshall pada game wisata Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14650055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pariwisata sebagai penggerak sektor ekonomi dapat menjadi solusi bagi pemerintah dalam meningkatkan pembangunan ekonomi. Pengembangan kepariwisataan dapat membawa banyak manfaat dan keuntungan, sektor pariwisata tidak hanya menyentuh kelompok-kelompok ekonomi tertentu tetapi dapat menjangkau kalangan bawah. Karena masyarakat di sekitar obyek wisata dapat mendirikan berbagai kegiatan ekonomi misalnya tempat penginapan, rumah makan, tempat penukaran uang, layanan jasa transportasi dan lain-lain. Namun juga menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat sekitar yakni kemacetan. Tujuan dari diadakannya penelitian ini dan pengembangan aplikasi ini adalah Untuk mengukur akurat penggunaan algoritma Floyd Warshall dalam pencarian rute terpendek Non Player Character (NPC) pada game Wisata Kota Batu dan manfaat penelitian ini untuk memberikan kecerdasan kepada NPC untuk menemukan jalur terpendek untuk menuju tempat wisata. Game ini untuk dijadikan sebuah media yang digunakan untuk mengetahui jarak atau rute terpendek menuju tempat wisata Kota Batu.Game Pencarian Rute Terpendek Non Player Character (NPC) Dengan Metode Floyd Warshall pada Game Wisata Batu adalah game berbasis desktop dengan menggunakan floyd warshall sebagai pathfinding pada non player character (npc) dan menggunakan engine unity 3D. Player bertugas, untuk mengikuti non player character (npc) untuk menuju tepat wisata . Non Player Character (NPC) mengimplementasikan sistem kecerdasan buatan yang akan mencari rute terpendek tempat wisata yang ingin dituju. Pada penelitian ini, memanfaatkan metode Floyd Warshall sebagai pencarian rute terdekat. Dalam penelitian ini dilakukan proses uji coba yang menghasilkan 78.33% sukses dari ketepatan dan kecepatan dalam menentukan jarak terpendek.
ENGLISH:
Tourism, as a driver of the economic sector, can be a solution for the government in increasing economic development. The development of tourism can bring many benefits and profits. The tourism sector does not only touch certain economic groups but can reach the lower classes because people around tourism objects can establish various economic activities such as lodging, restaurants, money changers, transportation services and others. However, it also has a negative impact on the surrounding community, namely congestion. The purpose of this research and the development of this application are to accurately measure the use of Floyd Warshall algorithm in finding the shortest Non Player Character (NPC) route in the Wisata Kota Batu game and the benefits of this research to provide intelligence to the NPC to find the shortest route to tourist attractions. This game is used as a medium that is used to determine the distance or the shortest route to the tourist attractions of Batu city. The game of Searching for the Shortest Route Non Player Character (NPC) With the Floyd Warshall Method on Batu Tourism Games is a desktop-based game using Floyd Warshall algorithm as pathfinder on Non Player Character (NPC) and using a 3D unity engine. The player is in charge to follow the Non Player Character (NPC) to get to the place of travel. Non Player Character (NPC) implements an artificial intelligence system that will look for the shortest route to the destination you want to go. This study is utilizing the Floyd Warshall algorithm method as a search for the nearest route. In this study a trial process was carried out which resulted in a successful 78.33% of accuracy and speed in determining the shortest distance.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Arif, Yunifa Miftachul and Kurniawan, Fachrul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | pencarian rute; game wisata Batu; floyd warshall; route search; wisata kota Batu game | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 30 Apr 2020 14:36 | |||||||||
Last Modified: | 30 Apr 2020 14:36 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15308 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |