NA, Ferly Firdaus (2019) Simulasi gerak hewan burung menggunakan metode pose to pose dalam pembuatan animasi 3D dalam surat Al-Fill. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13650113.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Film animasi merupakan salah satu hiburan yang disajikan oleh media elektronik seperti televisi. Film animasi juga bisa dijadikan media pembelajaran yang baik untuk menyempaikan pesan moral kepada semua kalangan. Al-Fill adalah surat urutan ke 105 dan berjumlah 5 ayat, termasuk golongan surat Makkiyah. Dinamakan Al-Fill, karena pada ayat pertama terdapat kata ”al-Fill” yang menceritakan pasukan berburung raja Abrahah dari Habasyah (Abyssinia) panglima pasukan dari Yaman. Metode pose to pose merupakan salah satu metode yang digunakan dalam proses animating karena pada penerapannya metode ini menggunakan prinsip-prinsip dasar animasi sehingga dapat membantu menghasilkan gerakan yang baik. Keunggulan dari metode pose to pose adalah pada timing atau proses pembuatannya. Dengan keunggulan tersebut seorang animator lebih terstruktur saat melakukan pembuatan objek animasi. Proses pembuatan animasi 3D meliputi pembuatan model 3D, rigging, penyatuan antara objek-objek yang ada, animating, lighting, camera operation dan rendering. Fokus pada penelitian ini adalah implementasi pada simulasi gerakan burung 3D dengan mengetahui hasil dari perbandingan frame antara metode pose to pose dengan video real yang telah ditentukan. Perbandingan dalam penelitian ini dilakukan dengan empat pola gerakan yang sama pada setiap frame yang telah dihasilkan, dimana setiap pola gerakan tersebut menghasilkan persentase tingkat kemiripan yang berbeda-beda. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perbandingan frame pada pola gerakan sayap yang terdapat pada video real dengan pembuatan animasi menggunakan pose to pose dengan rata-rata presentase 93,5%. Oleh karena itu pembuatan objek animasi 3D dengan menggunakan metode pose to pose dapat mempengaruhi tingkat kemiripan dengan objek aslinya.
ENGLISH:
Animated film is one of the entertainment presented by electronic media such as television. Animated films can also be used as a good learning media to convey moral messages to all groups. Al-Fill is the 105th letter and number 5 verses, including the Makkiyah letter group. Named Al-Fill, because in the first verse there is the word "al-Fill" which tells of a troop of king Abrahah from Habashah (Abyssinia) commander of the army from Yemen. The pose to pose method is one of the methods used in the animating process because the application of this method uses basic principles of animation so that it can help produce good movement. The advantage of the pose to pose method is the timing or manufacturing process. With these advantages an animator is more structured when making animated objects. The process of making 3D animations includes making 3D models, rigging, integrating existing objects, animating, lighting, camera operation and rendering. The focus of this research is the implementation of a 3D bird movement simulation by knowing the results of a comparison of frames between the prescribed methods of pose to pose and real video. Comparisons in this study were carried out with four similar movement patterns in each frame that had been produced, where each pattern of movement produced a different percentage of similarity levels. This is indicated by the results of a comparison of frames on the wing movement pattern found in the real video by making animations using poses to poses with an average percentage of 93.5%. Therefore, making 3D animation objects using the method of pose to pose can affect the level of similarity with the original object.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Faisal, Muhammad and Imamudin, Mochamad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | simulasi gerak burung; pose to pose; animasi 3D; bird motion simulation; 3D animation | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 30 Apr 2020 14:23 | |||||||||
Last Modified: | 09 Jun 2023 15:00 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15299 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |