Aryanti, Nur Laela (2019) Penggunaan testimoni sebagai media periklanan online shop kosmetik dan skincare di Kota Malang: Tinjauan perspektif Pasal 28 Undang-Undang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
152220116.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Testimoni merupakan kesaksian, kepuasan dan pengalaman langsung yang dirasakan oleh konsumen. Penggunaan testimoni sebagai media iklan diperbolehkan dengan batasan bahwa pelaku usaha dilarang menyebarkan berita yang mengakibatkan kerugian bagi konsumen dalam transaksi elektronik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ketidak sesuaian Informasi yang terdapat dalam iklan berupa testimoni banyak digunakan oleh pelaku usaha online diseluruh dunia tidak terkecuali di Kota Malang.
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengetahuan hukum pelaku usaha online shop di Kota Malang mengenai penggunaan testimoni sebagai media periklanan dan mendeskripsikan tingkat kepatuhan pelaku usaha online shop dalam memenuhi hak konsumen melalui media iklan yang ditinjau menggunakan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.
Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian empiris, dengan Pendekatan penelitian menggunakan metode pendekatan fenomenologi dimana peneliti berusaha memahami perasaan, reaksi emosional dan perilaku pengusaha online shop di Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pelaku usaha online shop kosmetik dan skincare di Kota Malang menggunakan testimoni sebagai media periklanan yakni adanya kebutuhan untuk menarik pembeli, ekonomis, dan menimalisir penipuan produk. Pelaku usaha online shop di Kota Malang telah mematuhi aturan periklanan meskipun mereka tidak mengetahui aturan dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Kepatuhan penggunaan iklan telah membudaya di kalangan mereka dan Pelaku usaha telah memenuhi hak-hak konsumen seperti hak untuk memilih produk, hak untuk didengar atas keluhan dan aduan, hak untuk mendapat pembinaan dari pelaku usaha, hak mendapatkan pelayanan yang terbaik dan memberikan ruang kepada konsumen dalam menuntut haknya.
ENGLISH:
Testimony is customer satisfaction and direct experience felt by consumers. The use of testimony as advertisement media allowed with some limits the businessman are prohibited to spread the news that result in a loss for consumers in electronic transaction in accordance with the act no. 11 / 2008 on information and electronic transaction. Inequalities of the information contained in advertising of testimony widely used for online shop sellers around the world, no exception in the Malang city.
This research aims to find out how the views of online shop sellers in the Malang city on the use of testimony as a advertising media and how compliance rate online shop sellers in fulfilling the consumer right via ads that reviewed using laws of information and electronic transaction.
This research belongs in the kinds of empirical research, with the approach the research uses a method of approach phenomenology where researchers trying to understand the feelings of, emotional reactions and behavior of online shop sellers in the Malang city. The data collection was done by interviews and documentation.
The result of this research show that the factor of cosmetics and skincare online shop sellers in the Malang city use testimony as advertising media is the need to attract buyers, economical marketing, and can minimize the products. Online shop sellers in Malang city have been complying the advertising rules even though they do not know laws of information and electronic transaction. Compliance the use of this advertisement has entrenched among them and the fulfillment of consumers right by online shop sellers in the Malang city namely the right to choose a product, the right to be heard on complaints, the right to received guidance from online shop sellers, the right to receive the best services and give space to consumers in demand their right.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ramadhita, Ramadhita | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | testimoni; periklanan; online shop; testimony; advertising | ||||||
Departement: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Bisnis Syariah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2020 13:45 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2020 13:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/15027 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |