Mutmainnah, Ina (2019) Model pembelajaran Matematika Cambridge dalam meningkatkan hasil belajar kelas III-B SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15140111.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan di Indonesia memiliki banyak upaya dari pihak sekolah. Diantaranya dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar yang efektif dan menarik. Model pembelajaran dapat membuat siswa merasa tidak terbebani oleh materi ajar yang harus dikuasai. Guru sebagai fasilitator memiliki kemampuan dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakter dan lingkungan siswa. Model pembelajaran merupakan kerangka kerja struktural yang dapat digunakan sebagai pemandu untuk mengembangkan aktifitas peserta didik yang kondusif didalam kelas.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III-B SD Laboratorium Universitas Negeri Malang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran matematika cambridge untuk meningkatkan hasil belajar, (2) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran matematika cambridge untuk meningkatkan hasil belajar, (3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran matematika cambridge untuk meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini dilakukan di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran matematika cambridge melibatkan seluruh warga sekolah dengan membentuk tim penyusun kurikulum, pembuatan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang berpedoman pada Framework dan Teacher Guide dikembangkan sesuai dengan karakteristik lingkungan sekolah, (2) pelaksanaan model pembelajaran matematika cambridge dapat dikategorikan sangat baik. Guru mengajarkan materi sesuai dengan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dikembangkan oleh pihak sekolah, selain itu model pembelajaran yang digunakan diantaranya problem-based learning, kooperatif learning, dan kontekstual. Beberapa komponen pelaksanaan model pembelajaran diantaranya : strategi pembelajaran guru menggunakan pembiasaan komunikasi berbahasa Inggris, metode mengajar diantaranya ceramah, drill materi,dan tanya jawab, teknik mengajar guru yaitu tegas tetapi tetap fun, media pembelajaran yang digunakan diantaranya LCD, Proyektor, Video, Slide, dan sumber belajar dikembangkan oleh pihak sekolah yaitu buku matematika cambridge dan tematik, (3) evaluasi pembelajaran matematika cambridge menggikuti 2 macam ujian cambridge yaitu Progression test pada kelas 3 sampai kelas 5 dan primary check point test pada kelas 6. Beberapa evaluasi yang kembangkan sekolah seperti Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Semester dan Penilaian Akhir Tahun untuk membiasakan siswa dalam menghadapi soal. Selain itu penilaian matematika cambridge memiliki 3 rana yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.
ENGLISH:
Increasing the quality and the quanitity of education in Indonesia have so many effort from the school, such as using a learning model that created an effective and interest of learning situation. The learning model that make the student happy to learn the topic. Teacher as a facilitator have a skill within choose the learning model that relevant with the student’s charachter and environment. Learning model is the structural sketch that utilized as the guided for developing the student’s activity.
This research was conducted in the class Third Grade at SD Laboratorium Universitas Negeri Malang aims to (1) describe of Cambridge Math Learning Model in order to Increase the Learning Result, (2) describe the implementation of Cambridge Math Learning Model in order to Increase the Learning Result. (3) describe the evaluation of Cambridge Math Learning Model in order to Increase the Learning Result.
The research conducted in SD Laboratorium Universitas Negeri Malang using qualitative approach that is qualitative descriptive. Data Collected through observation, interview and documentation. The forms of collected data are the words that analyzed by reduction, display and verification or giving a conclusion.
The result of the research show that (1) lesson plan of Math Learning Model in involved the academica through creating the curriculum arrange team, making a syllabus and lesson plan that oriented toward Framework and Teacher Guide developed relevant with the characteristic of the school, (2) implementating Math Learning Model have an excellent score. Teacher is relevant with all the syllabus and lesson plant that develop by the school, Meanwhile, the other Learning Model applied such as problem-based learning, kooperative learning, and contextual. The several learning component such as : the strategy such as using communication with english, speech method, drill, and QnA. The technique of the teacher such as firm, buat the student still fun. The learning media such as LCD,English Video, Slide, and the learning resources that develop by the school such as cambridge math book and thematic, (3) the evaluation of Math Learning Model through 2 kinds of exams, that are Progression test for 3rd till 5th student and primary check point test for the sixth grade. The several assesment that develop by the school such as middle test, final test, and final year to make the student feel usual fix the question. Meanwhile, the cambridge math learning has 3 assessments, there are cognitive, affective and skills.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | model pembelajaran; matematika cambridge; hasil belajar; learning model; math of cambridge; result of learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2020 11:57 | ||||||
Last Modified: | 17 Mar 2020 11:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14828 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |