Perdanaffebri, Ichsan (2019) Pembelajaran baca Al-Quran dengan menggunakan metode Qiroati di RAA Baipas Roudlotul Jannah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14160004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Mengajarkan Al-Quran merupakan mengajarkan orang-orang untuk membaca dan mempelajari dengan benar berdasarkan hukum tajwid. Mengajarkan ilmu-ilmu lain secara umum atau menyampaikan sebagian ilmu yang dimiliki kepada orang lain adalah perbuatan mulia dan mendapatkan pahala dari Allah, tentu mengajarkan Al-Quran kepada anak usia dini juga merupakan perbuatan mulia. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana pembelajaran baca Al-Quran dengan menggunakan metode Qiroati di RAA Baipas Roudlotul Jannah Malang, 2) mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran baca Al-Quran dengan menggunakan metode Qiroati.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan salah satu jenis penelitian kualitatif deskriptif adalah berupa penelitian yang berfokus pada studi kasus yang terjadi ditempat tersebut. Metode pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data dilakukan berdasarkan oleh Miles dan Huberman (analisis data di lapangan) yang terdiri dari empat alur, yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran baca Al-Quran dengan menggunakan metode Qiroati di RAA Baipas Roudlotul Jannah Malang dilakukan dengan dua pengajaran, yakni: klasikal, yaitu pengajaran secara beersama-sama, dan individual yaitu pengajaran secara satu per satu. Waktu pembelajaran baca Al-Quran dengan metode Qiroati di RAA Baipas Roudlotul Jannah Malang adalah satu jam. Ada beberapa faktor pendukung pembelajaran baca Al-Quran: a) santri, b) guru, c) alokasi waktu, d) media pembelajaran. Dan faktor penghambatnya: a) motivasi yang kurang dari orangtua, b) guru, c) santri. 2) evaluasi pembelajaran baca Al-Quran dengan menggunakan metode Qiroati di RAA Baipas Roudlotul Jannah: a) prinsip evaluasi adalah keterlibatan siswa. Sangat berkaitan dengan metode belajar CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif). Siswa yang belajar juga membutuhkan evaluasi hasil belajarnya, dan juga sama dengan evaluasi yang dibutuhkan oleh guru sebagai pengajar, b) teknik evaluasi yang digunakan yaitu teknik tes. Siswa akan dites setiap harinya oleh guru di sekolah, dan oleh orangtua di rumah.
ENGLISH:
Teaching Quran means teaching people to read and to learn Quran correctly based on the laws of tajwid. Teaching or sharing of knowledge that we have to other people is a noble act. So does teaching Quran for young children. It is also a noble act and it will get the reward from Allah. This research aims to find out how the learning of Quran reading by using Qiroati method at RAA Baipas Roudlotul Jannah Malang is done.
This research used a qualitative approach with a type of descriptive research. One of the descriptive qualitative researches was research that focused on case studies that occurred in that place. Data collecting method used observation, interviews, documentation and triangulation. Data analysis based on Miles and Huberman (data analysis in the field). It consisted of data collection, data reduction, data presentation and conclusion.
This research shows that Learning of Quran reading by using the Qiroati method at RAA Baipas Roudlotul Jannah Malang runs effectively. It strongly refers to the provisions of K.H. Dahlan Salim Az-Zarkasyi from Semarang as the author of teaching book of Quran using Qiroati method. Learning of Qiroati is done differently or it is adjusted with the Qiroati volume class, namely: Individual, Classical-Individual, and Classical-Reading Listening. The teachers (ustadz/ustadzah)’ efforts in improving the Quran reading and writing at RAA Baipas Roudlotul Jannah Malang are by using classical and individual methods and understanding the differences of each individual santri (students).
A learning method used in an educational institution must have evaluation techniques. There are several evaluation techniques used at RAA Baipas: 1) the evaluation conducted by educators, 2) the evaluation conducted by parents at home. This way can establish a good cooperation between educators and parents of students. The method used in this research used a descriptive qualitative approach. Data collecting method used observation, interviews, and documentation. The collected data would be analyzed using data reduction, data presentation, and conclusion drawing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | metode pembelajaran Al-Quran; qiroati; evaluasi; Quran learning method; evaluation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2020 11:52 | ||||||
Last Modified: | 15 May 2023 09:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14827 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |