Baridah, Wahyu Lailatul (2019) Pengaruh model pembelajaran CLIS Children Learning In Science terhadap peningkatan literasi sains siswa SD Negeri 2 Banaran Kertosono Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15140078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran IPA harus dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, membangkitkan ide-ide, membangun ingin tahu tentang segala sesuatu yang ada di lingkungannya, membangun keterampilan yang diperlukan, dan menimbulkan kesadaran siswa bahwa belajar IPA menjadi sangat diperlukan untuk dipelajari. Dalam kegiatan pembelajaran terdapat beberapa model pembelajaran yang dapat meningkatkan Literasi sains siswa salah satunya yaitu dengan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science).
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui dan mendeskripsikan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) terhadap peningkatan literasi sains siswa kelas V SD Negeri 2 Banaran Kertosono (2) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dapat meningkatkan literasi sains siswa kelas V SD Negeri 2 Banaran Kertosono.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah endekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan bentuk Non-equivalentControl Group Design. Bantuk ini memberikan perlakuan yang berbeda dalam 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Banaran Kertosono, dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk soal esai. Teknik analisis data menggunakan model statistik uji Independent Samples T Test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) terhadap peningkatan literasi sains siswa kelas V SD Negeri 2 Banaran Kertosono yang ditunjukkan dengan (1) Sikap sainstifik siswa pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) terhadap peningkatan literasi sains siswa kelas V SD Negeri 2 Banaran Kertosono (2) Hasil pengujuan hipotesis menggunakan uji Independent Samples T Test dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dan ditunjukkan dengan meningkatnya literasi sains siswa dari aspek pengetahuan dengan menggunakan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) pada kelas V SD Negeri 2 Banaran Kertosono.
ENGLISH:
Natural Science learning must be related to students' daily lives. Students are given the opportunity to ask questions, generate ideas, build the curiosity about everything in the environment, build skills, and raise awareness of students that learning science is very necessary. In learning activities, there are several learning models that can improve student literacy, one of which is the CLIS (Children Learning in Science) learning model.
The purposes of the research are to (1) Know and describe the CLIS (Children Learning In Science) learning model against increasing the Science Literacy of fifth Grade Students at Banaran Public Elementary School 2 of Kertosono (2) Explain the influence of CLIS learning models against increasing the Science Literacy of fifth Grade Students at Banaran Public Elementary School 2 of Kertosono
The approach of the study is quantitative approach with a type of quasi-experimental research with a form of Non-equivalent Control Group Design. This form provides different treatments in 2 classes, namely the experimental class and the control class. In the research, the subjects are fifth grade students of at Banaran Public Elementary School 2 of Kertosono, where the class VA as an experimental class was treated using the CLIS learning model (Children Learning in Science) and class VB as a control class was not treated. The instrument is a test of essay questions. The data analysis technique uses statistical model of the Independent Samples T Test.
The results of the research indicated that there is a significant influence of the CLIS (Children Learning in Science) learning model against increasing the Science Literacy of fifth Grade Students at Banaran Public Elementary School 2 of Kertosono as indicated by (1) Students' scientific attitudes towards learning using the CLIS (children learning in Science) against increasing the Science Literacy of fifth Grade Students at Banaran Public Elementary School 2 of Kertosono (2) The results of the hypothesis use the Independent Samples T Test with the Sig. (2-tailed) 0.001 <0.05, so that Ho is rejected and Ha is accepted, and is indicated by increasing scientific literacy of students of the knowledge aspect using the CLIS (Children Learning In Science) learning model of fifth class at Banaran Public Elementary School 2 of Kertosono.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wibowo, Agus Mukti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | model CLIS Children Learning In Scienc; literasi sains; CLIS Children Learning In Science learning model; science literacy | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2020 14:03 | ||||||
Last Modified: | 12 Mar 2020 14:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14811 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |