Islami, Nanda Dwi (2019) pengembangan bahan ajar buku cerita bergambar tema 5 pengalamanku untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah MI Mambaul Ulum Sepanjang Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14140083.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran tema ditinggkat SD/MI masih belum menyenangkan dan menarik perhatian bagi siswa untuk mempelajarinya, hal tersebut disebabkan karena bahan ajar yang digunakan guru masih kurang menarik hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan bahan ajar pembelajaran berupa buku cerita bergambar tema 5 “Pengalamanku” untuk meningkatkan minat & hasil belajar.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui proses (desain , dan kesesuaian materi) pengembangan bahan ajar pembelajaran buku cerita bergambar tema 5 “Pengelamanku” untuk meningkatkan minat & hasil belajar siswa kelas 1 MI Mambaul Ulum Sepanjang Gondanglegi Malang (2) Untuk mengetahui kualitas (kefektifan dan kelayakan) bahan ajar pembelajaran buku cerita bergambar tema 5 “Pengalamanku” untuk meningkatkan minat & hasil belajar siswa kelas 1 MI Mambaul Ulum Sepanjang Gondanglegi Malang.
Peneliti menggunakan buku tema 5 “Pengelamanku” untuk kelas 1 SD/MI yang dikembangkan menggunakan metode pengembangan menurut Borg & Gall dengan sepuluh langkah yang sistematis didalamnya. Akan tetapi dalam pengembangan ini hanya enam tahap yang dilaksanakan, yaitu : (1) Menganalisis dan kebutuhan karakteristik siswa (2) Merumuskan tujuan intruksinal, (3) Merumuskan butir-butir materi, (4) Mengembangkan alat pengukur keberhasilan, (5) Menuliskan naskah media, (6) Mengadakan tes dan revisi.
Hasil pengembangan media pembelajaran tema dalam bentuk buku cerita bergambar tema 5 “Pengalamanku” ini memenuhi kriteria valid dengan hasil (1) Validasi hasil materi 78% (2) Validasi uji desain 70%(3) Validasi dan uji coba guru kelas I 98% (4) Uji coba lapangan 88% . Data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post-tes lebih dari prestes yaitu 79,3>60,03. Sedangkan pada perhitungan uji t manual dengan tingkat kemaknaan 0.05 diperoleh hasil t_hitung ≥〖 t〗_tabel = 7,58≥2,145 artinya Ho ditolak Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Dengan demikian pengembangan sudah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
ENGLISH:
Teaching and learning process in elementary (SD) or Islamic elementary (MI) school level has not reached the sense of happiness and attractive for students to learn. It is due to the teaching materials used by the teachers which are not appealing as most of them used a lecturing and questioning method. Therefore, there is a need to develop a teaching and learning teaching materials in the form of illustrated picture book theme 5 “My Experience” to improve students’ learning interest and output.
This study aimed at knowing: (1) process of developing an illustrated story book ( Design and materials appropriateness) and (2) the quality (effectiveness and suitability) of the teaching materials in the form of illustrated story book theme 5 “My Experience”to improve first graders’ learning interest and output in Madrasah Ibtidaiyah(MI) Mambaul Ulum in Sepanjang Gondanglegi Malang.
This study employed a book comprising theme 5 “My Experience” for grade 1 in SD/MI which is developed by using research and development method by Borg and Gall with ten systematic steps. However, in this research, there are only six steps executed, i.e. (1) analyzing students needs and characteristics, (2) formulating instructional purpose, (3) developing materials, (4) developing a tool for measuring achievement, (5) writing the script of the media, and (6) conducting test and revisions.
The result of developing illustrated story book theme 5 “My Experience” had fulfillef the valid criteria with result accumulation as follows: (1) materials validation 78%,(2) design validation 70%, (3) validation by teachers of grade 1 98%, and (4) field try out 88%. The data of this study was obtained from the average result of students’ post-test which overshadow pretest’s that was 79.3 > 60.03. However, on the accumulation by using manual t-test with significant level 0.05, the result yielded t_count ≥〖 t〗_table = 7.58≥2.145. It means that Ho is rejected and Ha is acccepted so that the product is able to improve students’ learning output.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | buku cerita bergambar tema 5 “pengalamanku” untuk meningkatkan minat & hasil belajar; illustrated story book theme 5 “my experience”to improve learning interest and output | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2020 13:26 | ||||||
Last Modified: | 12 Mar 2020 13:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14805 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |