A’yun, Qurroti (2019) Pengembangan buku ajar operasi bilangan bulat berbasis cerita untuk meningkatkan hasil belajar kelas VI MI Miftahul Huda Turen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14140078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Bilangan merupakan hal yang paling dasar dan paling penting dalam mempelajari matematika. Semua materi dalam matematika pasti berhubungan dengan bilangan. Untuk itu penting bagi siswa sekolah dasar untuk memahami konsep dari bilangan. Salah satu cara mengkonkretkan bilangan-bilangan matematika adalah dengan soal cerita.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan suatu produk bahan ajar berupa buku ajar pada materi operasi bilangan bulat berbasis soal cerita, (2) untuk mengembangkan buku ajar yang menarik yang membuat siswa lebih tertarik belajar matematika, dan (3) untuk mengetahui perbedaan antara hasil pelajar siswa yang menggunakan buku ajar dengan siswa yang tidak menggunakan buku ajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Brog and Gall melalui lima tahapan diantaranya, penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan pengembangan, pengembangan format produk awal, revisi produk, dan uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, angket, observasi, dan wawancara . Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan analisis hasil tes (uji t) . Penilaian peningkatan hasil belajar dilihat dari nilai kelas kontrol dan eksperimen.
Pengembangan buku ajar operasi bilangan bulat berbasis soal cerita ini terlebih dahulu dilakukan proses validasi oleh beberapa validator ahli diantaranya validasi ahli isi/materi, validasi ahli desain, dan validasi ahli pembelajaran. Hasil dari proses validasi menunjukkan bahwa produk buku ajar ini termasuk kriteria valid. Buku ajar ini diuji cobakan pada siswa kelas VI MI Miftahul Huda Turen. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa produk buku ajar yang dikembangkan memperoleh nilai kemenarikan buku dengan persentase 89,66% dan termasuk kriteria sangat menarik. Penilaian hasil belajar dari kelas kontrol, nilai postes memperoleh nilai rata-rata 50,90 dan postesnya memperoleh nilai rata-rata 58,41. Kemudian pada kelas eksperimen, nilai pretesnya memperoleh nilai rata-rata 52,95 dan nilai postesnya memperoleh nilai rata-rata 71,36. Dari data tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil dan ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji t memperoleh thitung 6,07 > ttabel 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan nilai rata-rata antara kelas yang menggunakan buku ajar operasi bilangan bulat berbasis cerita dan yang tidak menggunakan buku ajar operasi bilangan bulat berbasis cerita.
ENGLISH:
Numbers are the most basic and most important thing in learning mathematics. All matter in mathematics must be related to numbers. It is therefore important for elementary school students to understand the concept of numbers. One way to concretize mathematical numbers is with story problems.
This study aims to 1) develop a teaching material product in the form of textbooks on story-based integer material, 2) to develop interesting textbooks that make students more interested in learning mathematics, and 3) to find out the difference between the results of students who use textbooks and students who do not use textbooks. The research method used in this study is Research and Development (R & D) with the Brog and Gall development model through five stages including, research and initial information gathering, development planning, initial product formats, product revisions, and field trials. Data collection techniques in this study used learning outcomes tests, questionnaires, observations, and interviews. The data obtained were analyzed descriptively and analysis of test results (t test). Assessment of improvement in learning outcomes is seen from the value of the control class and experiment.
The development of this story-based integer operation textbook was first conducted a validation process by several expert validators including the content / material expert validation, design expert validation, and learning expert validation. The results of the validation process indicate that the textbook product is valid. This textbook was tested on the sixth grade students of MI Miftahul Huda Turen. Based on the results of the study, it was shown that the developed textbook products obtained a book attractiveness value of 89.66% and included very interesting criteria. Assessment of learning outcomes from the control class, posttest scores obtained an average value of 50.90 and the posttest obtained an average score of 58.41. Then in the experimental class, the pretest scores obtained an average value of 52.95 and the post-test scores obtained an average score of 71.36. From these data indicate that there is an increase in results and there are differences in learning outcomes between the experimental class and the control class. The results of the t test obtained t count 6.07 > t table 1.68. This shows that H1 is accepted. It can be concluded that there are significant differences in mean values between classes using story-based integer textbooks and those that do not use story-based integer textbooks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wibowo, Agus Mukti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | soal cerita; operasi bilangan bulat; bahan ajar; story problem; round number operations; teaching materials | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2020 10:22 | ||||||
Last Modified: | 12 Mar 2020 10:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14802 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |