Jannah, Alfi Nur (2019) Pengembangan media pop-up book pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV MI Wahid Hasyim III Dau Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14140067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan media pop-up book materi daur hidup hewan (metamorfosis) merupakan salah satu sarana untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV SD/MI khususnya pada materi daur hidup hewan (metamorfosis). Kebutuhan akan media pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan adalah salah satu alasan yang melatarbelakangi penelitian pengembangan ini.
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk: (a) Mengetahui pengembangan media pop-up book untuk meningkatkan pemahaman siswa, (b) Mengetahui kemenarikan media pop-up book ini dalam proses pembelajaran pada materi daur hidup hewan, dan (c) Mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah menggunakan media pop-up book.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan dalam prosedur pengembangannya, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Desain penelitian yang digunakan yakni one group pretest post test design, dengan eksperimen before-after. Penelitian dilaksanakan di MI Wahid Hasyim III Dau Malang dengan subyek uji coba adalah 30 siswa kelas IV. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes pencapaian hasil belajar.
Hasil pengembangan yang dilakukan yakni berupa media pop-up book materi daur hidup hewan (metamorfosis). (1) Hasil penelitian dan pengembangan memenuhi kriteria sangat valid dengan hasil uji coba ahli materi mencapai tingkat kevalidan 90%, ahli desain mencapai 100%, praktisi mencapai 98%. (2) Hasil uji coba untuk mengetahui tingkat kemenarikan media pop-up book pada siswa kelas IV MI Wahid Hasyim III Dau Malang didapatkan persentase sebesar 96,3%. (3) Tingkat pemahaman siswa lebih meningkat dilihat dari nilai rata-rata pre-test sebesar 60,56% dan nilai rata-rata post test sebesar 80,5%, maka dapat dikatakan bahwa media pop-up book efektif digunakan oleh siswa. Hasil uji-t dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh thitung = 4,64061 > ttabel = 1,699, yang berarti thitung > ttabel. Hasil ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan tingkat pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pop-up book materi daur hidup hewan (metamorfosis).
ENGLISH:
Development of pop-up book media of animal life-cycle material is one of the means to help improve comprehension student in the learning of science of 4th grade student at Islamic or Public Elementary School especially on animal life-cycle material (metamorphosis). The need for an interesting and easy to use learning media is one of the reasons behind this research development.
The purpose of this research development are to: (a) to know the development of pop-up book media to improve cemprehension student, (b) to know the interesting that pop-up book media in the process of learning on animal lifecycle material, and (c) knowing level of comprehension of students after using pop-up book media.
This research method uses research and development type (R&D). The development model used refers to the development model of ADDIE which has 5 stages in its development procedure, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research design used one group pre-tests post-test design, with a before-after experiment. Research conducted at MI Wahid Hasyim III Dau Malang with the subject of trials of 30 4th grade students. Instruments used to obtain data using observations, interviews, polls and tests on achievement of learning outcomes.
The results of the development that is the form of pop-up book media of animal lifecycle material (metamorphosis). (1) The results of research and development met the very valid criteria with the results of expert trials of material reaching a level of 90%, design experts reach 100%, learning experts reach 98%. (2) test result to know the level of pop-up book media in fourth grade MI Wahid Hasyim III Dau Malang obtained a percentage of 96.3%. (3) The level of understanding of students is increased in view from the average pre-test value of 60.56% and the average post test value of 80.5%, it can be said that the effective pop-up book media is used by students. The results of the test-T with the level of significance 0.05 obtained tcount = 4.64061 > ttable = 1.699, which means tcount > ttable. These results proved that there is a level of difference in students comprehension before and after using pop-up books of animal life cycle material (metamorphosis).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wibowo, Agus Mukti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pop-up book; daur hidup hewan (metamorfosis); pemahaman; animal life cycle (metamorphosis); comprehension | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2020 09:21 | ||||||
Last Modified: | 12 Mar 2020 09:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14799 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |