Umami, Hasina Faizatul (2019) Pengembangan media pembelajaran blank map puzzle untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi benua Amerika siswa kelas VI MI Plus Bustanul Ulum Tunglur Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14140050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
INDONESIA:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang bersifat terpadu atau integrated dari sejumlah mata pelajaran yang membahas kondisi sosial dilingkungan sekitar siswa dimana nantinya mampu mengapikasikan konsep-konsep keilmuan tersebut di lingkungan dan masyarakat sekitar secara sistematis. Penggunaan media pembelajaran sebagai alat atau bahan yang mengandung informasi atau pesan dapat digunakan untuk memperlancar jalannya komunikasi dalam proses pembelajaran sehingga dapat mencapai tujuan yang lebih baik dan sempurna.
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan media blank map puzzle untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi benua Amerika siswa kelas VI MI Plus Bustanul Ulum Tunglur Kediri, (2) Mengetahui kelayakan media blank map puzzle untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi benua Amerika siswa kelas VI MI Plus Bustanul Ulum Tunglur Kediri, (3) Mengetahui bahwa media blank map puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi benua Amerika siswa kelas VI MI Plus Bustanul Ulum Tunglur Kediri.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model desain Arief S. Sadiman dengan memberikan urutan 6 (enam) langkah yang harus diambil dalam pengembangan program media untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut.
Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu memiliki kriteria valid dengan hasil validasi ahli materi pelajaran sebesar 76%, hasil validasi ahli desain media sebesar 82,85%, dan hasil validasi ahli pembelajaran sebesar 83%. Sedangkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 90,21 dan kelas control 66,58. Pada hasil uji t manual dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil to>tt yaitu 6,675>2,012 artinya H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran blank map puzzle secara signifikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada pokok bahasan benua Amerika pada siswa kelas VI MI Plus Bustanul Ulum Tunglur Kediri.
ENGLISH:
Social Sciences (IPS) is an integrated or integrated subject from a number of subjects discussing the social conditions in the environment around students where they are later able to systematically convey these scientific concepts in the surrounding environment and society. The use of learning media as a tool or material that contains information or messages can be used to facilitate the course of communication in the learning process so that it can achieve better and perfect goals.
The objectives of this research development are to: (1) Describe blank map puzzle media to improve students’ achievement of social science on American continental material in grade VI MI Plus Bustanul Ulum Tunglur Badas Kediri, (2) Know the feasibility of blank map puzzle media to improve students’ achievement of social science on American continental material in grade VI MI Plus Bustanul Ulum Tunglur Badas Kediri, (3) Know that blank map puzzle media can improve students’ achievement of social science on American continental material in class VI MI Plus Bustanul Ulum Tunglur Kediri.
The research is research and development (Research and Development) that uses Arief S. Sadiman's design model by giving a sequence of 6 (six) steps in developing media programs to produce certain products and test the effectiveness of these products.
The results of this research and development are valid 76% of validation results of the subject matter expert, 82.85% of the media design expert validation, and 83% of the learning expert validation results. While the achievement average of the experimental class 90.21 and the control class 66.58. The results of the manual t test with a significant level of 5% was got results to>tt are 6,675> 2.012, it means that H0 is rejected and H1 is accepted, it can be said that blank map puzzle learning media is significantly effective to improve students’ achievement of social science on American continental material in grade VI MI Plus Bustanul Ulum Tunglur Badas Kediri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | IPS; media pembelajaran; blank map puzzle; hasil belajar; social science (IPS); learning media; achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2020 09:17 | ||||||
Last Modified: | 12 Mar 2020 09:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14797 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |