Millah, Musyayyidatul (2019) Pedagogik guru dalam pendidikan karakter pada pembelajaran Sosisologi kelas X SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text
14130086.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan. Guru yang tugasnya merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi peserta didik harus mampu mengaktualisasikan kompetensi yang dimiliki peserta didik. Oleh karena itu kompetensi pedagogik yang dimiliki guru sangatlah penting untuk terus dikembangkan untuk mencapai keberhasilan dari tujuan pendidikan. tidak hanya itu dalam proses pembelajaran guru juga dituntut untuk bisa menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik, perkembangan zaman di era modern ini sangat mempengaruhi karakter peserta didik, tidak dapat dipungkiri permasalahan yang terjadi, seperti tawuran, narkoba, seksual, bullying, sampai dengan pembunuhan, yang banyak terjadi dikalangan pelajar. Hal ini menunjukan krisis karakter yang sedang terjadi pada peserta didik.sehingga dalam dunia pendidikan guru tidak hanya dituntut untuk mampu mengelola proses pembelajaran saja akan tetapi juga bertanggung jawab dalam moral dan akhlak peserta didik.
Fokus kajian dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kompetensi pedagogik yang harus dimiliki guru untuk membentuk karater siswa pada pembelajaran sosiologi kelas X SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik, (2) bagaimana guru menanamkan pendidikan karakter pada pembelajaran sosiologi kelas X SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik, (3) bagaimana upaya guru dalam menangani kendala-kendala penanaman pendidikan karakter pada pembelajaran sosiologi kelas X SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) kompetensi pedagogik yang harus dimiliki guru untuk membentuk karakter siswa pada pembelajaran sosiologi kelas X adalah kemampuan guru mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam meyusun RPP, menyiapkan bahan ajar, melaksanakan pembelajaran dikelas, dan melakukan evaluasi pembelajaran. (2) guru menanamkan pendidikan karakter pada pembelajaran sosiologi dengan menyisipkan nilai karakter religius, bertanggung jawab, toleransi, dan disiplin dalam proses pembelajaran serta melakukan pembiasaan-pembiasaan di sekolah yang mendukung pembentukan karakter. (3) upaya guru dengan membuat kesepakatan antara guru, siswa, dan wali murid untuk memberi efek jera kepada peserta didik, dan menjadikan outing class serta pembelajaran faktual untuk membantu peserta didik lebih mudah memahami nilai- nilai karakter yang diharapkan oleh guru sosiologi.
ABSTRACT
Teacher are an important component of education. Teacher whose teaching tasks should be able to manage learning well, implement appropriate learning, and be able to evaluate appropriately in he learning process. But not all teachers are able to carry out learning proses well, resulting not achieving the expected education goals. Not only teacher are also required to be able to provide character education to learners so that morals such as crime, bully, use drug, brawl, until tge murder that ironically happened athe age of students in this era can be minimized by character education embedded in the learning process. So in the word of teacher education is not only required to be able to manage learning process but also responsible in morals that exist in the student self.
The perpouse of thi study are: (1) to describe implementation of pedagogic competence in the learning of class x sociologi muhammadiyah 4 Sidayu Gresik.
(2) to describe implementation of character education in the learning of class X sociologu at SMA muhammadiyah 4 Sidayu Gresik. (3) to describe efforts of the theacers in handling the constraints of character education in sociologi class X in SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik.
The result of this study were: (1) the implementation of pedagogic competence includes learning planning, learning process, and learning evaluation.
(2) the implementation of religious character education, responsibility and discipline in learning sociology has been integrated in the learning process and school habituation activities. (3) the teachers efforts in dealing with the constraints of character education by changing the learning become interesting and facilitate the learners in understanding the lesson.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kompetensi; pedagogik; pendidikan; karakter; pembelajaran; sosiologi; pedagodic; competency; caracter; education; sosiology; sciences; learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2020 09:33 | ||||||
Last Modified: | 15 Jun 2023 14:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14792 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |