Harizky, Octavian Yusuf (2019) Strategi guru dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi IPS kelas VIII di MTsN Wonorejo Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text
13130128.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pelaksanaan setiap pembelajaran itu melibatkan antara dua pihak yaitu siswa sebagai peserta didik dan guru sebagai pendidik. Adapun hal yang terpenting dalam kegiatan pembelajaran adalah terjadinya suatu proses sehingga pemahaman materi secara konseptual dan prosedural bisa tercapai dan akhirnya hasil belajar siswa bisa tercapai secara memuaskan. Sehingga guru sebagai pengajar memiliki tugas memberikan fasilitas atau kemudahan bagi suatu kegiatan belajar dikelas.
Rumusan Masalah ini adalah (1) Bagaimana strategi pembelajaran guru untuk meningkatkan pemahaman materi siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS? dan (2) Apa kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran guru untuk meningkatkan pemahaman materi siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS dan (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS.
Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Kemudian pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran IPS untuk meningkatkan pemahaman materi pada MTsN Wonorejo Pasuruan siswa Kelas VIII adalah dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan praktek langsung. Metode mengajar ceramah plus tanya jawab dan tugas adalah metode belajar yang ideal untuk menyampaikan materi-materi IPS kepada siswa. Stategi kedua adalah dengan metode diskusi untuk meningkatkan pemahaman siswa secara efektif. Strategi ketiga adalah dengan praktek langsung dari materi yang diperoleh. Dengan praktek langsung atau menerapkan secara langsung siswa lebih paham tentang materi pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPS di MTSN Wonorejo Pasuruan dari ketiga aspek tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut; a) Dari sisi kegiatan awal, seluruh rangkaian pada kegiatan awal pembelajaran telah dilaksanakan oleh guru di MTsN Wonorejo. b) Dari sisi kegiatan inti pembelajaran tidak lepas dari adanya kendala yang dihadapi oleh guru.
ENGLISH:
The implementation of learning involves two parties , namely students and teachers. The most important thing in learning activity is the occurence of a process of understanding material conceptually and procedurally material can be achieved. And the teacher has the task of providing facilities or facilities in terms of classroom learning activities.
The problems statement are : (1) How is the learning strategy of a teacher to improve the understanding of IPS subject matter to VIII grade students. (2) What are the obstacles faced by teachers in learning to improve the understanding of IPS subject matter for VIII grade students.
The purpose of the research are : (1) To find out teachers learning strategies to improve understanding of IPS subject matter for VIII grade students. (2) To find out the obstacles faced by teachers in learning to improve comprehension of IPS subject for VIII grade students.
In this study , the research method used was a qualitative approach and the type of research was a case study. The methods of data collection are using the method of observation , interviews and documentation.
The result of the study showed that the material learning strategy IPS in order to improve material understanding in “MTsN Wonorejo” for VIII grade students was to use lecture , discussion and direct practice methods. Teaching methods by lecturing , question & answer and assignment are ideal learning methods for delivering IPS subject matter to students. The second strategy is a discussion method to effectively improve student understanding. The third strategy is to practice directly from the material obtained. Using direct practice or applying it directly , students understand more about learning material. Problems faced by teachers in the implementation of IPS material learning in “ MTsN Wonorejo Pasuruan” , from the three aspects can be explained as follows ; a) From the side of the initial activity , the whole series of initial learning activities have been carried out by teachers in “ MTsN Wonorejo. b) In terms of core learning activities , this can not be separated from the obstacles faced by the teacher.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Esha, Muhammad In’am | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | strategi; guru; pemahaman; siswa; materi; IPS; teacher; strategy; student; understanding; social; science; material | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2020 09:34 | ||||||
Last Modified: | 26 Feb 2020 09:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14789 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |