Mukholladun, Ahmad Wildanum (2019) Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII YPI SMP Sunan Ampel Bangsal Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text
12130053.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
YPI SMP Sunan Ampel Bangsal Mojokerto adalah sekolah yang memiliki input siswa berlatar belakang kekurangna minat belajar pada pelajaran IPS dan juga pada aktivitas belajar lainya. Penyebab menurunya minat belajar pada pembelajaran IPS adalah metode pengajaran yang digunakan cukup membosankan karena cara penyempainya termasuk metode-metode teacher centered. Sedangkan penyebab lainya yaitu minimnya fasilitas sekolah sehingga guru tidak dapat memaksimalkan proses belajar mengajar dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui minat belajar siswa di kelas VIII dalam pelajaran IPS Terpadu di YPI SMP SUNAN AMPEL Mojokerto. (2) Untuk mengetahui upaya guru IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa VIII SMP Sunan Bangsal Ampel Mojokerto. (3) untuk mengetahui tantangan guru IPS dalam memberikan minat belajar siswa kelas VIII YPI SMP SUNAN AMPEL Bangsal Mojokerto. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisa data mengunakan reduksi dan verivikasi atau menarik kesimpulan data dan penyajian data.
Hasil penelitian adalah: (1) Minat belajar pada materi IPS di YPI SMP Sunan Ampel Bangsal kelas VIII masih tergolong rendah. Hal itu dapat diketahui pada saat jam pelajaran berlangsung masih banyak siswa yang berada diluar, hal ini menunjukkan ketidaksiapan siswa untuk memulai proses belajar, pada waktu guru menjelaskan materi, masih banyak yang tidak fokus pada guru tersebut, atau mayoritas siswa-siswi kelas VIII di YPI SMP Sunan Ampel Bangsal dan mayoritas siswa tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sederhana mengenai materi IPS. (2) Adapun upaya guru IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa-siswi kelas VIII YPI SMP Sunan Ampel menggunakan pengunaan metode yang variatif, menggunakan media pembelajaran meskipun sarana prasaran masih tergolong kurang memadai, mencipatakan gaya mengajar yang humanis dan humoris agar menciptakan suasana belajar yang nyaman. (3) Hambatan yang diperoleh guru pada saat proses belajar mengajar yaitu: terbatasnya sarana prasarana sehingga penggunaan media pembelajaran pun juga seadanya dan penjelasanya pun juga bersifat manual, lingkungan keluarga dan teman-temanya dirumah dan hubungan antara guru dan siswa yang kurang terbuka.
ENGLISH:
YPI Middle School Sunan Ampel Bangsal Mojokerto is a school that has student input with a background lack of interest in learning in social studies and other learning activities. The cause of the decline in interest in learning in social studies learning is that the teaching method used is quite boring because the method of delivery includes teacher centered methods. While other causes are the lack of school facilities so that teachers cannot maximize the teaching and learning process by using interesting learning media.
This study aims: (1) to determine the learning interest of students in class VIII in Integrated Social Studies lessons at YPI SMP SUNAN AMPEL Mojokerto. (2) To find out the role of social studies teachers in increasing the learning interest of students VIII Middle School Sunan Bangsal Ampel Mojokerto. (3) to find out the challenges of social studies teachers in providing learning interest in class VIII YPI SMP SUNAN AMPEL Bangsal Mojokerto. This study uses a qualitative approach with descriptive types. The technique of collecting data through interviews, observation and documentation. While data analysis uses reduction and verification or draw data conclusions and data presentation.
The results of the study are: (1) The interest in studying in social studies material at YPI in the eighth grade of Sunan Ampel Bangsal is still relatively low. It can be seen that during the lesson there are still many students who are outside, this shows the unpreparedness of students to begin the learning process, when the teacher explains the material, there are still many who do not focus on the teacher, or the majority of eighth grade students at YPI Sunan Ampel Bangsal Middle School and the majority of students cannot answer simple questions about social studies material. (2) The role of social studies teachers in increasing the learning interest of YPI Middle School VIII students in Sunan Ampel uses a variety of methods, using learning media even though infrastructure is still inadequate, creating a humanistic and humorous teaching style to create a comfortable learning atmosphere . (3) Obstacles obtained by the teacher during the teaching and learning process are: limited infrastructure so that the use of learning media is also minimal and the explanation is also manual, the family and friends environment at home and the relationship between teachers and students is less open.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Efiyanti, Alfiana Yuli | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | minat; belajar; learning; interest | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 23 Dec 2019 09:23 | ||||||
Last Modified: | 23 Dec 2019 09:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14779 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |