Azizah, Nurul (2019) Penerapan strategi mind mapping berbasis pendekatan SAVI untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar SKI kelas XI matematika dan ilmu alam (MIA) 2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasuruan tahun ajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Strategi dan metode yang tepat dalam pembelajaran akan berpengaruh pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Guru harus mampu mengatasi segala kesulitan yang dialami siswa serta harus mencari solusi kreatif untuk membuat siswa aktif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Karena melalui aktivitas belajar yang tinggi berarti siswa membangun serta menemukan sendiri pengetahuan dan pengalaman belajarnya, sehingga akan lebih mudah untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan.
Tujuan penelitian ini untuk : (1) mendeskripsikan perencanaan strategi mind mapping berbasis pendekatan SAVI untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar SKI kelas XI MIA-2 MAN 1 Pasuruan Tahun Ajaran 2018-2019, (2) mendeskripsikan pelaksanaan strategi mind mapping berbasis pendekatan SAVI untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar SKI kelas XI MIA-2 MAN 1 Pasuruan Tahun Ajaran 2018-2019, (3) mendeskripsikan dampak strategi mind mapping berbasis pendekatan SAVI terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar kelas XI MIA-2 MAN 1 Pasuruan Tahun Ajaran 2018-2019 pada mata pelajaran SKI.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) melalui beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus dengan dua pertemuan pada masing-masing siklus yang dilaksanakan di MAN 1 Pasuruan dengan subjek penelitian siswa kelas XI MIA 2 MAN 1 Pasuruan tahun ajaran 2018-2019. Pengumpulan data diperoleh melalui tes evaluasi belajar siswa, hasil wawancara dan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan strategi mind mapping berbasis pendekatan SAVI meliputi penyusunan RPP, menyiapkan sumber dan media pembelajaran, intrumen, lembar kerja siswa dan soal tes. (2) penerapan strategi mind mapping berbasis pendekatan SAVI dilakukan melalui dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penerapan pendekatan saintifik berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh peneliti. (3) hasil dari penerapan strategi mind mapping berbasis pendekatan SAVI yaitu Aktivitas siswa naik pada siklus I ke siklus II. Persentasenya yaitu dari 71.1% menjadi 85.68%. Hasil belajar siswa naik dari pre-test ke siklus I dan siklus II. Rata-ratanya yaitu dari 56.2 menjadi 93.68 pada siklus I, dan menjadi 93.76 pada siklus II.
ENGLISH:
The right strategy and method in learning will affect the student activities and student learning outcomes. Teachers must be able to solve all the students’ problem and to find a creative solution. They also must be able to make their students active. Therefore, teachers can improve student learning outcomes. By using active learning, students are able to develop and to find out their own knowledge and learning experience, so that it will be easier to achieve the expected learning outcomes.
This research aims: (1) to describe the planning of Mind Mapping strategy based on SAVI approach to increase activities and learning outcomes of SKI class XI MIA-2 of MAN 1 Pasuruan Academic Year 2018 – 2019, (2) to describe the implementation of Mind Mapping strategy based on SAVI approach to increase activities and learning outcomes of SKI class XI MIA-2 of MAN 1 Pasuruan Academic Year 2018 – 2019, (3) to describe the impact of Mind Mapping strategy based on SAVI approach to increase activities and learning outcomes of SKI class XI MIA-2 of MAN 1 Pasuruan Academic Year 2018 – 2019.
This research used Classroom Action Research (CAR) type through several stages, namely: planning, action and observation, reflection. It was carried out through two cycles with two meetings in each cycle. It carried out in MAN 1 Pasuruan. The research subjects were the students of class XI MIA 2 of MAN 1 Pasuruan Academic Year 2018-2019. Data collection was obtained through student learning evaluation tests, interview results and field notes.
The research shows that (1) the planning of Mind Mapping strategy based on SAVI approach includes preparing the lesson plans, preparing learning resources and media, instruments, student worksheets and test questions. (2) The implementation of Mind Mapping strategy based on SAVI approach is carried out by two cycles with two meetings. The implementation of the scientific approach goes like what the researcher planned. (3) The result of implementation of Mind Mapping strategy based on SAVI approach is student activity increases in cycle I to cycle II. The percentage is from 71.1% to 85.68%. Student learning outcomes increase from pre-test to cycle I and cycle II. The average is from 56.2 to 93.68 in cycle I, and then it becomes 93.76 in cycle II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | mind mapping strategy; SAVI approach; learning activities; learning outcomes; SKI; strategi mind mapping; pendekatan SAVI; aktivitas belajar; hasil belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2020 10:07 | ||||||
Last Modified: | 04 Feb 2020 10:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14753 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |