Ainina, Dewi Qurroti (2019) Kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam peningkatan karakter religius peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kreativitas guru pendidikan agama Islam memiliki peran yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan karakter religius peserta didik, oleh karena itu guru tidak hanya di tuntut untuk kreatif dalam pembelajaran saja akan tetapi dalam meningkatkan karakter religius siswa. Guru yang kreatif itu sangat dibutuhkan agar dalam menyampaikan atau menanamkan pemahaman yang baik terhadap peserta didik terhadap nilai-nilai agama diterima oleh peserta didik dan dijalankan dengan baik di dalam kehidupan sehari-harinya dan peserta didik itu menjadi sadar bahwa kedudukan pendidikan agama Islam mampu menjadikan dirinya menjadi beriman dan bertaqwa kepada Allah swt.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui karakter Religius siswa di SMP Negeri 3 Malang (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam peningkatan karakter religius siswa di SMP Negeri 3 Malang (3) Mendeskripsikan implikasi kreatifitas guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan karakter religius siswa di SMP Negeri 3 Malang
Pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuam di atas yaitu dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data penulis menggunakan dekskriptif kualitatif dengan mereduksi data kemudia mendisplay data berupa uraian singkat dan menyimpulkan secara fleksibel agar menjawab rumusan masalah yang ada.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) karakter yang dimiliki peserta didik di SMP Negeri 3 Malang secara umum relatif bisa dikatakan baik, hal ini bisa dibuktikan pada (a) Perilaku siswa yang patuh terhadap ajaran agama yang dianutnya, terlihat dari antuisme peserta didik dalam melaksanakan dalam kegiatan keagamaan (b) Toleran terhadap teman yang berbeda agama dengannya, terlihat dari tingginya kesadaran menghormati kegiatan keagmaan lain, tidak ada kasus bullying terkait toleransi beragam (c) Hidup rukun dengan teman yang berbeda agama dengannya, terlihat dari adanya rasa keharmonisan seluruh elemen di sekolah tersebut.(2) pelaksanaan kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam peningkatan karakter religius siswa (a) Pelaksanaan kreativitas guru pendidikan agama Islam sudah dapat berjalan dengan baik, dengan adanya proses kerjasama yang dilakukan seluruh guru SMP Negeri 3 Malang, menjadikan kegiaan keagamaan ini dapat berjalan dan dapat membentuk karakter religius siswa (b) Adanya tahapan-tahapan dalam meningkatkan karakter religius peserta didik dalam kegiatan keagamaan yaitu mulai dari hal-hal yang kecil yaitu dengan persiapan, konsentrasi, inkubasi, iluminasi dan verifikasi. (3) Implikasi kreativitas guru pendidikan agama Islam adalah peningkatan dalam kereligiusan siswa diantaranya adalah meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah, menjadikan siswa menjadi pribadi yang berbudi pekerti dan meningkatkan kedislipinan siswa. Yang diantaranya adalah dislipin ketika melaksanakan pembiasaan-pembiasaan keagaamaan setiap pagi hari hingga pulang sekolah dan terbentuknya siswa yang berakhlaqul karimah yaitu sopan, santun, saling mengormati sesame teman meskipun berbeda keyakinan, menurup aurat, dan semakin tambah untuk pemahaman terhadap ilmu pengetahuan agama Islam
ENGLISH:
The creativity of Islamic religious education teacher has important roles for improving student religious character, therefore the teacher not only has to be creative in learning method, but also in improving student religious. A creative teacher is needed to give well understood about Islamic value to the student, then student can apply the Islamic value in their daily life. It makes them realize that Islamic education lesson can improve their faith to Allah.
This study aims to: (1) To find out the character of students in Malang State Junior High School 3 (2) To describe the implementation of the creativity of Islamic religious education teachers in improving the religious character of students in Malang junior high School 3 (3) Describe the implications of Islamic Education teacher creativity in improving religious character of students at Malang junior high school 3
The approach that used to achieve the aims is qualitative research with qualitative descriptive research. The data were collected through observation, interview, and documentation, then it was analyzed by descriptive qualitative method. by reducing the data and then displaying the data in the form of a brief description and concluding flexibly in order to answer the existing problem formulation
The result shows that, (1) the characters possessed by students in Malang junior high school 3 are generally relatively good, it can be proven by (a) The behavior of students who are obedient to the teachings of their religion, can be seen from the enthusiasm of students in carrying out religious activities (b) Tolerant towards friends of different religions with it, seen from the high awareness of respecting other religious activities, no cases of bullying related to diverse tolerance (c) Living in harmony with friends who are different religions with him, it also can be seen from the sense of harmony in all elements in the school implementation of the creativity of Islamic education teachers in improving the religious character of students (a) The implementation of the creativity of Islamic education teachers has been able to run well, with the cooperation process carried out by all teachers of Malang junior hight school 3, making this religious activity work and can form religious character students (b) There are stages in improving the religious chatracter of students in religious activities,starting from small things, preparation, concentration, incubation, illumination and verification. (3) Implications of creativity of Islamic religious education teachers is an increase in students 'religiousness including increasing faith and piety to God, making students become virtuous individuals and increasing students' discipline. Among them is Discipline when carrying out the habituations of religion every morning until returning home and the formation of students who have morality namely polite, respecting each other despite different beliefs, cover aurat, and the improvement of understanding Islamic knowledge.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kreativitas guru pendidikan agama islam; karakter religius siswa; creativity of islamic religious education teacher; student's religious character | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2020 09:50 | ||||||
Last Modified: | 04 Feb 2020 09:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14751 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |