Mufidah, Nia Alfanita (2019) Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada program adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Manusia merupakan makhluk hidup yang senantiasa berinteraksi dengan lingkungan. Manusia sebagai makhluk yang dikaruniai akal pikiran, manusia merupakan makhluk yang paling sempurna dan mulia. Allah SWT menjadikan manusia sebagai (khalifatul ard) penjaga di muka bumi, yang mempunyai wewenang untuk menjaga alam dan isinya untuk kemaslahatan manusia. Karena itulah yang mendorong manusia agar memiliki kemampuan bersosial untuk melakukan interaksi dengan lingkungannya. Bencana yang melanda Indonesia di sepanjang tahun 2018 merupakan hal yang harus mendapatkan perhatian yang serius. Dalam praktiknya, kerusakan alam yang terjadi sekarang ini sudah ada di sekitar kita, bahkan tepat di depan kita. Usaha yang dilakukan oleh pihak sekolah yang bernaung di Adiwiyata di MAN 1 Pasuruan dengan mengarahkan pola berfikir siswa melalui pengetahuan tentang lingkungan, menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik, mengembangkan pengetahuan dan kreativitasnya, menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam pada seluruh siwa di MAN 1 Pasuruan.
Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui nilai-nilai pendidikan agama islam pada program adiwiyata kegiatan jum’at bersih di MAN 1 Pasuruan. (2) untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam pada program adiwiyata kegiatan jum’at bersih di MAN 1 Pasuruan (3) mengetahui factor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam di MAN 1 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai pendidikan agama Islam pada program adiwiyata kegiatan jum’at bersih di MAN 1 Pasuruan, meliputi nilai akidah, dan nilai akhlak. (2) proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam pada program adiwiyata kegiatan jum’at bersih di MAN 1 Pasuruan dilaksanakan dengan beberapa tahap: 1. Tahap transformasi nilai, 2. Tahap transaksi nilai, 3. tahap transinternalisasi (3) Faktor pendukung Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada program Adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan yaitu adanya kepedulian warga sekolah. Sedangkan faktor penghambat nilai-nilai pendidikan agama Islam pada program adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan yaitu tingkat kesungguhan seseorang dalam menjaga dan merawat lingkungan yang berbeda-beda dan adanya pergantian kepala sekolah yang mengakibatkan kendala pada kemajuan program adiwiyata di sekolah.
ENGLISH:
Humans are living things who always interact with the environment. Humans as creatures is endowed with minds, humans are the most perfect and noble beings. Allah SWT made humans as (khalifatul ard), guards of the earth, who have the authority to protect the nature and its contents for human benefit. That drives people to have social skills to interact with their environment. Disasters that hit Indonesia through out 2018 should get the serious attention. In fact, the natural damage that is happening right now is around us, even right, it is in front of us. The efforts that are carried out by the school, is under the auspices of Adiwiyata in MAN 1 Pasuruan is directing students' thinking patterns through knowledge about the environment, instilling habits that good, developing his knowledge and creativity, instilling the values of Islamic religious education in all students in MAN 1 Pasuruan.
The aims of this research are to (1) find out the values of Islamic education in Adiwiyata program, the clean Friday at MAN 1 Pasuruan. (2) to find out the process of internalizing the values of Islamic education in Adiwiyata program, the clean Friday in MAN 1 Pasuruan (3) to find out the supporting and inhibiting factors for the internalization of Islamic education values in MAN 1 Pasuruan.
This research uses a qualitative approach research method with descriptive research types. However, the data collection is by observation, interviews, and documentation.
The results of this research indicate that (1) Islamic education values in Adiwiyata program, the clean Friday at MAN 1 Pasuruan include the values of faith, and moral. (2) the process of internalizing Islamic education values on Adiwiyata program, the clean Friday in MAN 1 Pasuruan is carried out in several stages: 1. Value transformation stage, 2. Transaction value stage, 3. Trans-internalization stage (3) Value supporting factor -The value of Islamic Education in the Adiwiyata program in Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan, namely, the awareness of the school community. Whereas, the inhibiting factor of Islamic education values in Adiwiyata program at Pasuruan Madrasah Aliyah Negeri 1 is the level of everyone's sincerity in maintaining and caring for the environments is the different. Then, the change of headmasters results in obstacles to the progress of the Adiwiyata program in schools.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | internalisasi; nilai-nilai pendidikan agama islam; adiwiyata; internalization; islamic educational values | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 29 Jan 2020 15:49 | ||||||
Last Modified: | 29 Jan 2020 15:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14744 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |