Maulidiyah, Nur (2019) Internalisasi nilai-nilai Islam (kejujuran) terhadap anak jalanan melalui pendekatan emosional di Madrasah Diniyah An-Nahdliyah (Madinah) Darus Shuluh Gadang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
ISI-15110166.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah suatu proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan pelatihan. Dunia pendidikan besar sekali pengaruhnya terhadap perubahan prilaku dan moral individu. Berbagai ilmu diperkenalkan, diajarkan dan ditanamkan kepada individu agar mereka memahaminya dan menciptakan perubahan dalam dirinya. Selain pendidikan formal yang dapat mempengaruhi kecerdasan intelektual, pendidikan agama juga sangat dibutuhkan dalam mempengaruhi baik buruknya prilaku individu yang mana dalam penelitian yang dilaksanakan di Madinah Darus Shuluh Gadang Malang ini pendidikan agama yang ditekankan adalah tentang kejujuran.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan memakai metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif (non statistik) yang bersifat eksploratif, yaitu menggambarkan secara detail yang ditemukan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai kejujuran yang ditanamkan di Madinah Darus Shuluh meliputi; jujur dalam bertutur kata, jujur dalam perbuatan, jujur dalam sikap dan jujur dalam disiplin. Sedangkan pendekatan emosional yang digunakan dalam menanamkan nilai kejujuran tersebut adalah; membangun pergaulan yang baik (pemberian nasihat dan quality time), memberikan keteladanan/modelling (keteladanan dari pendidik, kisah-kisah teladan dan bermain peran), latihan dan pembiasaan (pemberian amanah, luqotoh, serta hadiah dan sanksi). Serta hasil yang dicapai dari proses internalisasi tersebut dapat dikatakan berhasil karena menjadikan siswa menyadari pentingnya kejujuran, menghayatinya dan mengamalkannya dengan berusaha untuk selalu jujur dalam berkata, berbuat, bersikap dan disiplin dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam lingkungan madrasah maupun di luar madrasah.
ABSTRACT
Education is a process of changing attitudes and behavior of a person or group of people in an effort to mature people through teaching and training. The world of education has a huge influence on changes in individual behavior and morals. Various knowledge is introduced, taught and instilled in individuals so that they understand it and create changes in themselves. In addition to formal education that can affect intellectual intelligence, religious education is also very much needed in influencing the good and bad behavior of individuals which in the research carried out in Madinah Darus Shuluh Gadang Malang, emphasized religious education is about honesty.
The research method used in this study is a type of qualitative research using descriptive methods. The technique of collecting data uses interviews, observation and documentation. The data analysis technique used is descriptive qualitative (non-statistical) that is explorative in nature, which is to describe in detail the findings.
The results of this study indicate that the values of honesty instilled in Madinah Darus Shuluh include; honest in words, honest in deeds, honest in attitude and honest in discipline. While the emotional approach used in instilling the honesty value is; building good relationships (giving advice and quality time), giving exemplary / modeling (exemplary from educators, exemplary stories and role playing), training and habituation (giving trust, luqotoh, as well as reward and punishmen). As well as the results achieved from the internalization process can be said to be successful because it makes students realize the importance of honesty, live it and practice it by trying to always be honest in saying, doing, behaving and disciplining in everyday life both within the madrasa and outside the madrasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fannani, Bakhruddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | internalisasi; kejujuran; pendekatan emosional; internalization; honesty; emotional approach | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 29 Jan 2020 15:26 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2023 10:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14732 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |