Maharani, Silvya Putri (2019) Pengaruh pertumbuhan perusahaan, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening: Studi pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2014-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15510155.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Industri makanan dan minuman merupakan salah satu subsektor yang memiliki prospek yang baik sebagai tempat untuk berinvestasi. Sebelum berivestasi investor dapat menganalisis terlebih dulu untuk menganalisis perusahaan tersebut dengan cara menilai beberapa aspek seperti pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, ukuran perusahaan, struktur modal dan nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan perusahaan, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal dan nilai perusahaan secara parsial. Selain itu untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan perusahaan, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan melalui struktur modal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 11 perusahaan dari populasi sejumlah 18 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI 2014-2018. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linier sederhana dan analisis path.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pertumbuhan perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap struktur modal. (2) Profitabilitas berpengaruh signifikan positif terhadap struktur modal. (3) Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap struktur modal. (4)Pertumbuhan perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan. (5) Profitabilitas berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan. (6) Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan. (7) Struktur modal berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan. (8) Pertumbuhan perusahaan melalui struktur modal tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. (9) Profitabilitas melalui struktur modal tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. mediasinya. (10) Ukuran perusahaan melalui struktur modal tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
ENGLISH:
The food and beverage industry is one sub-sector that has significant prospects as a place to invest. Prior to invest, firstly, investors can analyze the company by assessing several aspects such as company growth, profitability, company size, capital structure, and company value. Therefore, the purpose of this study was to describe the influence of company growth, profitability, and firm size on the capital structure and company value partially. Besides, to determine the impact of company growth, profitability, and company size on firm value through the capital structure.
To achieve the objectives, this study employed quantitative research. The sample utilized in this study was 11 companies from a population of 18 food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange during 2014-2018. This study used secondary data published by the Indonesia Stock Exchange. Moreover, the data analysis method used was a simple linear regression method and path analysis.
The results of the study show that: (1) The company growth has a significant positive effect on capital structure. (2) The profitability has a significant favorable influence on capital structure. (3) The company size has a significant positive impact on capital structure. (4) The company growth has a significant positive effect on company value. (5) Profitability has a significant positive impact on company value. (6) The company size has a significant positive effect on company value. (7) The capital structure has a significant positive effect on company value. (8) The growth of the company through the capital structure does not have a substantial influence on the value of the company. (9) Profitability through capital structure does not have a significant effect on company value mediation. (10) The size of the company through the capital structure does not have a significant influence on the value of the company.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sucipto, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pertumbuhan perusahaan; profitabilitas; ukuran perusahaan; struktur modal; nilai perusahaan; company growth; profitability; company size; capital structure; company value | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 03 Oct 2019 11:41 | ||||||
Last Modified: | 03 Oct 2019 11:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14726 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |