Ramadani, Kartika (2019) Pengaruh likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi: Studi pada perusahaan transportasi yang terdaftar di BEI tahun 2014-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15510089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Tren transportasi online sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat. Belanja online dapat mendorong kebutuhan kurir logistik seiring berkembangnya ekspansi oleh gerai-gerai perbelanjaan. Dan perusahaan dituntut untuk mensejahterakan para pemegang saham perusahaan atau stakeholder. Nilai perusahaan menjadi alternatif para investor dalam mengambil keputusan untuk membeli saham perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan corporate social responsibility dalam memoderasi hubungan antara likuiditas terhadap nilai perusahaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka diperoleh sampel sebanyak 8 perusahaan sub sektor transportasi. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan Moderating Regression Analysis (MRA) dengan IBM SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh sebagai berikut : (1) likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan likuiditas tidak mampu secara nyata meningkatkan nilai perusahaan. (2) variabel alokasi dana corporate social responsibility tidak dapat memoderasi hubungan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Hal tersebut dapat dikatakan variabel moderasi (Z) tidak berinteraksi dengan variabel independen (X) dan juga tidak berhubungan dengan variabel dependen (Y) maka variabel Z merupakan variabel moderator homologizer
ENGLISH:
Online transportation trends greatly affect people's lives. Shopping online can encourage courier logistics needs with a growing expansion of the shopping outlets. And the company is required for the welfare of the company's shareholders or stakeholders. The value of the company to be an alternative for investors in taking the decision to buy shares of the company. The purpose of this study was to determine the role of corporate social responsibility in moderating the relationship between the liquidity of the company's value.
This study uses a quantitative approach. The population in this study is a transport company listed on the Indonesia Stock Exchange in 2014-2018. The sampling technique used was purposive sampling and based on predetermined criteria then obtained a sample of eight companies transport sub-sector. Research hypothesis testing using Moderating Regression Analysis (MRA) with IBM SPSS 25.
These results indicate that the effect as follows: (1) the liquidity does not affect the value of the company. This indicates liquidity is not capable of significantly increasing the company's value. (2) a variable allocation of corporate social responsibility can not moderate relationship to the value of the company's liquidity. It can be said to be a moderating variable (Z) do not interact with the independent variable (X) and also not associated with the dependent variable (Y) then the variable Z is a moderator variable homologizer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Munir, Misbahul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | likuiditas; nilai perusahaan; CSR; liquidity; corporate values | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2019 13:22 | ||||||
Last Modified: | 26 Sep 2019 13:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14702 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |