Rohmah, Vitya Miftakhur (2019) Pengaruh rasio profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi: Studi pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14510110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Nilai perusahaan adalah persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Tingginya harga saham membuat nilai perusahaan juga tinggi, dan meningkatkan kepercayaan pasar tidak hanya terhadap kinerja perusahaan saat ini namun juga pada prospek perusahaan di masa mendatang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh ROA terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi dengan ukuran perusahaan.
Data yang digunakan ialah berasal dari laporan tahunan dan laporan keuangan untuk periode 2015 hingga 2018 yang telah terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling dengan 11 perusahaan data sampel di industri makanan dan minuman. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan rasio profitabilitas Return on Assets (ROA) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating. Secara partial (Uji t) hanya variabel independen (ROA) yang berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan sebagai variabel yang memoderasi rasio profitabilitas Return on Assets (ROA) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan atau bisa dikatakan memperlemah pengaruh antara Return on Assets (ROA) terhadap nilai perusahaan.
ENGLISH:
The value of the company is a investor perception tothe level of the success of the company wich was usualy associated with stock price. High stcok prices make the value of the company become high. And improving the present performance of company but also for the propect of the company in the future. The aim of this research is to know are there anyeffect of ROA to the value of the company which was moderated by using the size of the company.
The data that used in this research is from annual report and financial report of food and beverage companies which registered on BEI period 2015-2018. There are 11 companies that chosen as a sampel by using purposive sampling technique. Method of collecting data is using double linier regresion analysis.
The results show that simultant of profitability ratios Return on Assets (ROA) significantly affected to the value of company with the size of the company as a moderating variable. As a Partial (t test) is only the independent variable (ROA) that significantly affected to the value of company, while the size of the company as a variable that moderating the profitability ratio (ROA) didn’t significantly affected to the value of company or can be said that it weaken the effet between ROA to the value of the company.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mardiana, Mardiana | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | return on assets; price book value; LN total assets; price book value; LN total assets | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2019 12:13 | ||||||
Last Modified: | 23 Sep 2019 12:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14689 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |