Syauqi, Muhammad (2019) Pendekatan pendidikan karakter perspektif Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari: Kajian kitab Washoya Al-Abaa’ lil Abnaa’. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14110222.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan karakter adalah pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras, dan sebagainya. Dalam mendidik karakter pondok pesantren menggunakan kitab-kitab klasik sebagai materinya yang telah disusun oleh ulama’ salaf. Diantara kita akhalak yang sanagat familiar adalah kiatab Washoya Al-Abaa’ lil Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir yang berisi 20 nasihat-nasihat guru terhadap murid dengan pembagian 20 bab.
Tujuan dari penelitian ini untuk membina karakter peserta didik melalui kajian kitab Washoya Al-Abaa’ lil Abnaa’. Fokus penelitian ini lebih kepada pendekatan pendidikan karakter yang digunakan oleh Syaikh Muhammad Syakir dalam kitab ini. Duharapkan dengan pendekatan itu pendidikan karakter dapat ditanamkan dalam diri peserta didik.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif analisis kritis. Sumber data berasal dari kitab, buku, jurnal, dan karya ilmiah lain yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis hasil penelitian menggunakan teknik analisis non ststic untuk mengolah data, dan analisis metode deskriptif kualitatif untuk mempertajam. Peneliti menggunakan analisis content untuk menekankan pada analisis ilmiah tentang isi pesan atau komunikasi. Dan untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian ini, menggunakan teknik verivikasi yaitu pengujian terhadap keaslian otentitas sumber melalui titik ekstern dan pengujian terhadap keaslian kredibilitas sumber melalui kritik ekstern.
Hasil dari penelitian ini pendidikan karakter yang terdapat dalam kiatab Washoya Al-ABaa’ lil Abnaa’ menunjukan pembagian karakter: (1) Takwa kepada Allah dan hak dan kewajiban kepada Allah, (2) Hak dan kewajiban kepada Rasul Rasulullah, (3) Hak dan kewajiban kepada Orangtua dan Guru, (4) Hak dan kewajiban kepada teman, orang lain, dan lingkungan, (5) Adab terhadap Ilmu, (6) Perilaku terpuji terhadap diri sendiri, dan (7) Akhlak tercela yang harus dijauhi. Serta pendekatan pendidikan karakter yang digunakan Syaikh Muhammad Syakir dalam kitab Washoya : a) Pendekatan penanaman nilai, b) Pendekatan perkembangan moral, c) Pendekatan analisis nilai, d) Pendekatan klarifikasi nilai, dan e) Pendekatan pembelajaran berbuat.
ENGLISH:
Character education is an education to shape one's personality through ethical education, whose results are evident in a person's real action, i.e. good manners, honesty, responsibility, respect for the rights of others, work Hard, and so on. In educating the character of boarding school using the classical books as the material that has been compiled by the Scholars ' Salaf. Among us, the strongly familiar is the "Washoya Al-Abaa" Lil Abnaa ' Kiatab by Shaykh Muhammad Syakir which contains 20 teachers ' advice on pupils with a division of 20 chapters.
The purpose of this research is to build the character of learners through the study of Washoya Al-Abaa ' Lil Abnaa '. This research focuses more on the character education approach used by Shaykh Muhammad Syakir in this book. Hope that the character education approach can be instilled in students.
This research is a type of research study library using a descriptive analysis approach of critical analysis. The source of the data comes from book, books, journals, and other relevant scientific works. Data collection techniques used with documentation. As for analyzing the results of the research using non-ststic analytical techniques for the processing of data, and the analysis of qualitative descriptive methods to sharpen. Researchers use content analysis to emphasize the scientific analysis of the message content or communication. And to check the validity of the data in this study, using the verification technique is a test of the authenticity of the source Otentitas through an extensity point and testing the authenticity of the source credibility through external criticism.
The result of this study of the character education found in the Washoya Al-ABaa ' Lil Abnaa ' Kiatab is a character distribution: (1) Takwa to Allah and the rights and obligations to God, (2) rights and obligations to the Apostle of the Prophet, (3) Rights and obligations Parents and teachers, (4) rights and obligations to friends, other people, and the Environment, (5) Etiquette of Science, (6) Self-praiseworthy conduct, and (7) Unblemish chastity that must be escaped. As well as the approach of character education used Shaykh Muhammad Syakir in the book Washoya: a) The planting approach value, B) moral development approaches, C) approach value analysis, D) Clarification of value approach, and e) make learning approach
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pendekatan; pendidikan karakter; approach; character education; washoya al-abaa’ lil abnaa’ | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2019 13:08 | ||||||
Last Modified: | 12 Aug 2019 13:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14479 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |