Farikha, Hayyin (2019) Karakter pendidik di Pondok Pesantren Sabilurrosyad Malang analisis perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab ‘Adabul ‘alim wal muta’allim. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14110182.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dunia pendidikan merupakan roda sejarah yang akan terus mengalami perubahan dan perkembangan. Pendidik sebagai subyek utama dan asas fundamental dalam dunia pendidikan, tentulah memegang peranan penting dalam terselenggaranya harapan dan tujuan pendidikan. Pendidik merupakan panji dalam mewujudkan manusia-manusia yang berperadaban. Tugas pendidik tidak hanya sebagai pengajar yang hanya transfer knowledge (memindah pengetahuan) saja, akan tetapi tugas pendidik juga meliputi pembentukan karakter yang baik dimana pendidik diharapkan mampu mengarahkan, membentuk dan membina sikap peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia.
Permasalahan karakter di era millennial ini masih hangat diperbincangkan. Hal tersebut karena telah terjadi kemerosotan akhlak baik pada remaja (peserta didik) maupun pada orang dewasa (pendidik). Dimana seharusnya pendidik merupakan seseorang yang digugu (didengarkan) dan ditiru (dicontoh) sebagian malah menjadi pendidik yang tidak pantas untu dicontoh perilakunya. Misalnya seperti; pendidik yang melakukan kekerasan, pendidik yang melakukan penyuapan, pendidik yang korupsi, pendidik yang mencuri, dan lain sebagainya. Untuk itu KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim menjelaskan tentang karakter-karakter yang harus dimiliki pendidik agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim peneliti menganalisis tentang konsep karakter pendidik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakter pendidik perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim? 2) Bagaimana penerapan karakter pendidik perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim di Pondok Pesantren Sabilurrosyad?
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa 1) Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang karakter pendidik dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim meliputi; pertama, karakter kepribadian pendidik. Kedua, interaksi pendidik dalam proses belajar-mengajar. Ketiga, interaksi pendidik dengan peserta didik. 2) Pendidik di dipondok pesantren Sabilurrosyad masih menerapkan pemikiran-pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang karakter pendidik yang ada dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim.
ENGLISH:
The world of education is a wheel of history that will continue to experience change and development. Education as the main subject and fundamental prinsiple in the word of education, certainly play an important role. In the implementation educators are a ensign in realizing civilized humans, but the task of educators also include the formation of good character where educators are expected to be able to direct, shape and foster the attitude of students to become human beings of noble character.
The problem of characters in the millennial are is still warmly discussed. This is because there has been a decrease in morals both in adolescents (student) and in adult (educators). Where educators are supposed to be someone who is dignified (listened to) and be exemplary, some of them even become inappropriate educators to exemplary their behavior. For example ; violent educators, educators who commit bribery, corrupt educators, stealing educators, and etc,. For that, KH. Hasyim Asy’ari in this book explain the characteristics that educators must have so that the learning process runs well. In the book Adabul ‘Alim Wal Muta’allim researchers analyze the consept of the character of educators. The formulation on the problem in this study is 1) what is the character of perspective educators KH. Hasyim Asy’ari in the book Adabul ‘Alim Wal Muta’allim? 2) how to apply the character of the perspective educator KH. Hasyim Asy’ari in the book Adabul ‘Alim Wal Muta’allim at the Sabilurrosyad Islamic boarding school?
In the research approach used in this study is a qualitative approach. The type of approach to this is a descriptive approach. Data collection uses interviews, observation and documentation.
Form this reaserch it was found that 1) KH. Haysim Asy’ari about the character of educator in the book Adabul ‘Alim Wal Muta’allim includes, First; the personality character of education. Second, educator interaction in the teaching-learning process. Third, educator interaction whit students. 2) Educators in the boarding school of the Sabiluurrosyad bparding school still apply the thoughts of KH. Hasyim Asy’ari about the character of educators in the book Adabul ‘Alim Wal Myta’allim.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masruri, M. Hadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | karakter pendidik; kitab adabul ‘alim wal muta’allim; characterof educators | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2019 14:42 | ||||||
Last Modified: | 05 Aug 2019 14:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14476 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |