Zuhriyah, Laelatul (2019) Strategi guru dalam mengajarkan amar ma’ruf nahi munkar pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14110166.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
INDONESIA:
Amar ma’ruf nahi munkar merupakan perbuatan yang senantiasa berada dalam pengawasan illahiyah yang dapat membawa nilai positif dan mendukung bagi kemaslahatan umat. Dalam sekolah, akhlak merupakan sesuatu yang harus dimiliki oleh peserta didik karena dengan akhlak peserta didik akan dapat mencapai kesuksesan dunia dan akhirat. Untuk mencapai tujuan supaya peserta didik mempunyai akhlakul karimah di dalam maupun luar sekolah, maka diperlukan penanaman sikap amar ma’ru nahi munkar peserta didik oleh pihak sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendiskripsikan perencanaan guru dalam mengajarkan amar ma’ruf nahi munkar pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari kota Batu, (2) Mendiskripsikan pelaksanaan guru dalam mengajarkan amar ma’ruf nahi munkar pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari kota Batu, (3) Mendiskripsikan evaluasi guru dalam mengajarkan amar ma’ruf nahi munkar pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari kota Batu.
Metodologi yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif berupa studi lapangan. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan metode pengumpulan data lainnya. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Guru membuat RPP yang dapat membantu peserta didik besikap amar ma’ruf nahi munkar, RPP harus sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah serta mengikuti kegiatan dari sekolah. (2) ada beberapa pelaksanaan strategi yang digunakan dalam mengajarkan amar ma’ruf nahi munkar di MTs. Hasyim Asy’ari Kota Batu. Strategi-strategi tersebut, yaitu keteladanan, pembiasaan, nasehat, dan pengawasan. (3) Guru bisa memberikan evaluasi diantaranya yaitu ebisa dilihat dari penilaian yang sudah dibuat, berupa penilaian sikap, penilaian spiritual, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan, dan bisa melihat bagaimana peserta didik dalam mengaplikasikan akhlak amar ma’ruf nahi munkar di sekolah maupun diluar sekolah.
ENGLISH:
Amar ma'ruf nahi munkar is an act that is always under the supervision of the divine which can bring positive value and support for the benefit of the people. In school, morality is something that must be owned by students because with morals students will be able to achieve world and hereafter success. To achieve the goal so that students have morality inside and outside the school, it is necessary to cultivate the amar ma'ru nahi attitude of students by the school.
The purpose of this study is to: (1) Describe teacher planning in teaching amar ma'ruf nahi munkar on moral akidah subjects in Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy'ari in Batu city, (2) Describe the implementation of teachers in teaching amar ma'ruf nahi munkar moral akidah subjects in Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy'ari city of Batu, (3) Describe teacher evaluations in teaching amar ma'ruf nahi munkar on moral akidah subjects in Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy'ari Batu city.
The research methodology used qualitative approach in the form of field studies. The key instrument is the researcher itself, and the data collection techniques were conducted through observation, interviews, and other collecting data methods. The data were analyzed by reducing data, presented data, and conclusions.
The results of the study show that, (1) the teacher makes a lesson plan that can help students with amar ma'ruf nahi munkar, RPP must be in accordance with the vision, mission and goals of the school and follow the activities of the school. (2) there are several implementation strategies used in teaching amar ma'ruf nahi munkar at MTs. Hasyim Asy'ari Batu City. These strategies, namely exemplary, habituation, advice, and supervision. (3) the teacher can provide an evaluation such as that can be seen from the assessment that has been made, in the form of attitude assessment, spiritual assessment, knowledge assessment, and skills assessment, and can see how students apply morality at school and outside school.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | amar ma’ruf nahi munkar; peserta didik; students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2019 14:34 | ||||||
Last Modified: | 05 Aug 2019 14:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14473 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |