Safaqi, Achmad Reza (2019) Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pembelajaraan pendidikan agama Islam di SMP Al-Hidayah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14110002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
karakter merupakan merupakan ciri, gaya, sifat, atau pun katakeristik diri seseorang yang berasal dari bentukan atau pun tempaan yang didapatkan dari lingkungan sekitarnya dan merupakan sifat – sifat kejiwaan, akhlak, dan budi pekerti yang dapat membuat seseorang terlihat berbeda dari orang lain. Karena karakter adalah Akhlak, maka Pendidikan karakter berarti pendidikan akhlak. Pendidikan yang ingin menjadikan seseorang supaya beakhlak mulia, berperilaku baik sesuai dengan yang digariskan oleh syariat Islam. Baik yang berkaitan langsung dengan dirinya sendiri, dengan orang lain atau akhlak dengan Allah SWT. Pembentukan karakter atau akhlak sebagai faktor utama untuk memberikan pelajaran tentang disiplin, menghargai waktu, dan teratur dalam menjalani hidup. Dalam penerapan dan pembinaaan pembentukan karakter atau akhlak tentu membutuhkan strategi yang terstruktur sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan yaitu memiliki karakter atau akhlak yang mulia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mengetahui kegiatan-kegiatan pembentukan karakter melalui Pendidikan Agama Islam bagi siswa SMP Al-Hidayah Malang, (2) Untuk mengetahui proses pembentukan karakter siswa didalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Hidayah Malang, (3) Untuk mengetahui dampak pembentukan karakter bagi siswa di SMP Al-Hidayah Malang.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research yakni penelitian lapangan yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Al-Hidayah Malang. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan-kegiatan pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Al-Hidayah Malang adalah: a) Mengucapkan salam dan mencium tangan guru. b) Membaca doa sebelum memulai pelajaran kemudian membaca shalawat nariyah dan ditutup dengan surah Al-Mulk, Al-Waqi’ah dan Ar-Rahman. c) melakukan sholat berjamaah duhur dimasjid. (2) Tahapan pembentukan karakter melalui kegiatan siswa di SMP Al-Hidayah Malang adalah : a) Melakukan pembiasaan disetiap kegiatan. b) Guru menjadi teladan agar dicontoh disetiap sikap siswa. c) Guru melakukan pengawasan terhadap siswa dan juga melakukan koreksi disetiap kegiatan. d) Guru memberikan hukuman kepada siswa yang sering melakukan pelanggaran yakni siswa yang sering tidak mengikuti setiap kegiatan. (3) Dampak pembentukan karakter bagi siswa di SMP Al-Hidayah Malang : a) Meningkatkan rasa kedisiplinan yang tinggi. b) Meningkatkan adab sopan santun saling menghargai terhadap setiap orang. c) Meningkatkan sikap saling menyanyangi segala makhluk yang ada dibumi. d) Meningkatkan rasa semangat gotong royong untuk melakukan hal-hal yang positif. e) Meningkatkan rasa kesadaran bahwa manusia tidak memiliki kekuatan apapun kecuali dengan izin Allah SWT. f) Memahami bahwa kehidupan didunia hanya sementara, dunia hanya menjadi ladang amal sedangkan kehidupan yang sebenarnya adalah kehidupan akhirat.
ENGLISH:
Character is a characteristic, style, nature, or katakeristik a person who comes from formation or even forging obtained from the surrounding environment and is the characteristics of psychiatric, moral, and character that can make someone look different from others. Because character is moral, character education means moral education. Education that wants to make someone so noble beakhlak, behaves well in accordance with those outlined by Islamic law. Both those directly related to themselves, with others or morals with Allah SWT. The formation of character or morals is the main factor for giving lessons on discipline, respect for time, and regular life. In applying and fostering the formation of character or morals certainly requires a structured strategy so that it is able to achieve the expected goals of having a noble character or character.
The purpose of this study is to: (1) To find out the character building activities through Islamic Education for students of Malang Al-Hidayah Middle School, (2) To determine the process of forming student character in learning Islamic Education in Al-Hidayah Middle School Malang, ( 3) To determine the impact of character formation for students at Al-Hidayah Middle School Malang.
To achieve the above objectives, a qualitative approach is used with the type of field research research, namely field research conducted at Al-Hidayah Junior High School Malang. The key instrument is the researcher himself, and the data collection techniques used are observation, interviews and documentation. Data analyzed by reducing irrelevant data, exposing data and drawing conclusions.
The results obtained showed that: (1) The activities of forming student character through learning Islamic education at Al-Hidayah Middle School in Malang are: a) Saying greetings and kissing the teacher's hand. b) Read the prayer before starting the lesson then read the shalawat nariyah and close it with surah Al-Mulk, Al-Waqi'ah and Ar-Rahman. c) perform prayer in the dusk in the mosque. (2) Stages of character formation through the activities of students at Al-Hidayah Middle School in Malang are: a) Making habituation in each activity. b) The teacher becomes an example to be modeled in each student's attitude. c) The teacher supervises students and also corrects each activity. d) The teacher gives punishment to students who often commit violations, namely students who often do not participate in each activity. (3) Impact of character formation for students in Malang Al-Hidayah Middle School: a) Increases a high sense of discipline. b) Increasing the courtesy of respect for everyone. c) Increase the attitude of mutual love for all creatures that are on earth. d) Increase the sense of mutual cooperation to do positive things. e) Increase the sense of awareness that humans do not have any power except with the permission of Allah SWT. f) Understanding that life in the world is only temporary, the world only becomes a field of charity while life is actually an afterlife.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kusuma, Yuanda | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pembentukan karakter siswa; pembelajaran pendidikan agama islam; formation of student character; learning islamic education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2019 08:14 | ||||||
Last Modified: | 02 Aug 2019 08:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14467 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |