Mubarok, Husni (2014) Pengembangan media ajar berbasis multimedia autoplay dalam pembelajaran PKN kelas III di SDI As Salam Malang. Masters thesis, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Text (Fulltext)
12760016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kemampuan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, efektif dan menyenangkan adalah bagian dari sikap profesionalisme pendidik. Pemanfaatan multimetode dan multimedia pembelajaran menjadi pilihan utama untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan menarik motivasi peserta didik. Dalam hal ini profesionalisme seorang guru memang tidak hanya mencakup pada kemampuan membelajarkan siswa saja, akan tetapi juga kemampuan mengelola informasi dan lingkungan (yang meliputi tempat belajar, metode, media, sistem penilaian serta sarana dan prasarana) untuk memfasilitasi kegiatan belajar siswa agar menjadi lebih mudah. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar membangkitkan kemajuan dan minat yang baru, bangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. KBM yang dilaksanakan di SDI As Salam madrasah ini telah menggunakan multi metode dan media, namun selama ini masih terbatas pada penggunaan microsoft power point sehingga masih terkesan kurang interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba menggunakan media yang lebih interakktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran kewarganegaraan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan dan kemenarikan pengguanaan media Autoplay terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Burner dan Edgar Dale bahwa penggunaan media yang lebih interaktif akan meningkatkan semangat belajar sehingga siswa merasa senang dan mudah memahami materi pembelajaran.
Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau yang biasa disebut dengan Research and Development. Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu untuk menguji keefektifan dan kemenarikan produk tersebut. Sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas III, dengan menggunakan pola One group pretes and postes desain. Data yang digunakan adalah nilai ulangan harian sebelum dan setelah diberi perlakuan, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Produk MPI berbasis multimedia efektif dalam meningkatkan minat, motivasi dan nilai belajar siswa. Adanya minat dan motivasi belajar yang cukup tinggi menunjukkan adanya ketertarikan siswa yang tinggi untuk belajar, khususnya mata pelajaran PKn. Temuan ini didukung oleh fakta lapangan dimana nilai rata-rata ulangan harian siswa meningkat 13.59% dari harian sebesar 79.562 menjadi 90.375.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan bahwa penggunaan media yang interaktif akan meningkatkan minat, semangat dan hasil belajar siswa. Oleh krena itu, bagi pendidik yang professional sebaiknya memanfaatkan media yang lebih variatif dan interaktif.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo and Aziz, Rahmat | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | pengembangan; media pembelajaran; multimedia autoplay; pembelajaran PKN | |||||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Husni Mubarok | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jan 2020 15:14 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jan 2020 15:14 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14464 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |