Muhamad, Barlianta Dwi (2019) Nilai-nilai karakter pada buku Pribadi Hebat karya Buya Hamka. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Persoalan kenakalan remaja dan dekadensi moral masih terus mencuat dan berkembang ditengah masyarakat Indonesia hingga saat ini. Nilai-nilai karakter bangsa terasa semakin menjauh dari perilaku generasi muda. Sehingga isu pendidikan karakter masih saja menarik untuk diperbincangkan.
Semenjak 2010 lalu pemerintah Indonesia membuat kebijakan tentang Gerakan Nasional Pendidikan Karakter. Salah satu cara dalam penanaman karakter adalah dengan gerakan literasi secara khusus kegiatan membaca buku bacaan berkualitas. Buku Pribadi Hebat merupakan salah satu karya Buya Hamka, tokoh bangsa dan seorang sastrawan. Rumusan masalah penelitian ini adalah, pertama, apa sajakah nilai karakter yang terkandung pada buku ini. Kedua, bagaimana relevansinya dengan Program PPK dari Kemendikbud.
Dalam prakteknya penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sehingga menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan bukan berupa angka. Dengan begitu, laporan penelitian akan berisi kutipan data berupa kata, kalimat, paragraph dan teks. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik telaah dokumen. Sebagai intstrumen adalah peneliti sendiri, dan menggunakan metode analisis, content analysis. Maka kegiatan yang dilakukan adalah pemberian makna pada paparan bahasa berupa paragraph-paragraf yang mengandung gagasan tentang nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku Pribadi Hebat karya Buya Hamka, dengan mengacu ke-delapan belas nilai karakter bangsa yang disusun Kemendikbud. Pemahaman dan analisis tersebut dilakukan dengan kegiatan membaca, menganalisis dan merekonstruksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua puluh tujuh nilai karakter pada buku Pribadi Hebat, sebelas diantaranya sesuai dengan delapan belas nilai karakter bangsa dari Kemendikbud, yaitu religius, jujur, toleransi, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dan kedua, nilai-nilai karakter pada buku Pribadi Hebat relevan untuk melengkapi lima karakter utama yang dikembangkan pada Program PPK.
ENGLISH:
The issue of juvenile delinquency and moral decadence continues to emerge and develop in the midst of the Indonesian people to this day. The values of the nation's character feel increasingly away from the behavior of the younger generation. So that the issue of character education is still interesting to discuss.
Since 2010 the Indonesian government made a policy on the National Character Education Movement. One way to plant character is through literacy movements specifically for reading quality books. Buku Pribadi Hebat is one of the works of Buya Hamka, a national figure and a writer. The formulation of this research problems are, first, what are the character values contained in this book. Second, how is the relevance of the PPK Program from the Ministry of Education and Culture.
In practice this research uses a qualitative descriptive approach, thus producing descriptive data in the form of written words and not numbers. That way, the research report will contain excerpts of data in the form of words, sentences, paragraphs and texts. The data collection of this study uses content analysis method. Then the activity conducted is giving meaning to the exposure of the language in the form of paragraphs that contain ideas about character values contained in the Pribadi Hebat book by Buya Hamka, by referring to the eighteen national character values compiled by the Ministry of Education and Culture. The understanding and analysis is done by reading, analyzing and reconstructing activities.
The results showed that there were twenty-seven character values in the Great Personal book, eleven of them in accordance with eighteen national character values of the Ministry of Education and Culture, namely religious, honest, tolerant, hard work, independent, democratic, curiosity, national spirit, love of nation, friendly / communicative, social care, and responsibility. And second, the character values in the Great Personal book are relevant to complement the five main characters developed in the PPK Program.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | nilai-nilai karakter; pribadi hebat; charaecter values | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2019 10:22 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2023 14:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14461 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |