Gazali, Munawir (2019) Internalisasi nilai-nilai Islam dalam membentuk sikap sosial siswa melalui pebelajaran akidah akhlak di MI Bustanul Ulum Pesanggrahan Batu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text (Fulltext)
16761020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Sikap sosial merupakan tujuan pendidikan nasional dan menjadikan karakter bangsa yang berpradaban. Pelajaran akidah akhlak menjadi salah satu pendidikan wajib untuk membentuk sikap sosial siswa melalui internalisasi nilai ilahiyah dan insaniyah. Untuk mewujudkan sikap sosial diperlukannya desain internalisasi nilai-nilai Islam yang terdapat dalam pembelajaran akidah akhlak.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan sikap social sisal siswa di MI Bustanul Ulum Pesanggrahan Batu yang dilakukan pada (1) Bagaimana desain internalisasi nilai-nilai Islam melalui pembelajaran akidah akhlak (2) Bagaimana implementasi desain pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk sikap sosial siswa (3) Bagaimana hasil implementasi internalisasi nilai-nilai Islam dalam membentuk sikap sosial siswa melalui pembelajaran akidah akhlak.
Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif diskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru akidah akhlak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penayjian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian Pertama menggunakan desain secara makro melalui kerja sama dengan semua komponen yang ada di sekolah, dukungan orang tua dan masyarakat, mikro yaitu melalui proses pembelajaran dalam kelas dan luar kelas, dengan melakukan tahapan perencanaan, transfer pengetahuan, keteladanan, pembiasaan, trainternalisasi dan evaluasi. Kedua implementasi desain dengan cara (1) membuat RPP yang mengacu pada Kopetensi inti dan Kompetensi dasar berpedoman pada Kurikulum 2013 (2) transfer pengetahuan dengan nilai ilahiyah dan nilai insaniyah mencakup pada nilai keimanan, ketakwaan, kejujuran, kedisiplinan, amanah, tanggung jawab, tolong menolong, peduli kebersihan (3) keteladanan di dalam kelas dan luar kelas .(4) pembiasaan dengan kegiatan keagamaan di sekolah dan dalam KBM dengan menggunakan metode pembelajaran (5) trainternalisasi dengan pengawasn, memberikan nasehat, teguran dan sanksi (6) evaluasi dengan ulangan harian, UTS, UAS. Ketiga hasil implementasi internalisasi dapat dilihat dengan terciptanya keadaan kelas dan sekolah yang riligius, siswa yang disiplin, jujur, bertanggung jawab, amanah, percaya diri, , tolong menolong peduli kebersihan, berprestasi secara akademik maupun non akademik, kepercayaan masyarakat terhadap lembaga semakin tinggi.
ENGLISH:
Social Attitude are the purpose of national education and make a nation’s character civilized. Faith Moral subjects are one of the compulsory education to shape student’s social attitudes through the internalization of divine and human values. To realize social attitudes
This research aims to analyze and describe the social attitude in MI Bustanul Ulum Pesanggrahan Batu, conducted on (1) how to design the internalization of Islamic values through faith moral learning (2) How to implement faith moral learning design in shaping student’s social attitude (3) How the results of implementation the internalization of Islamic values in shaping student’s social attitudes through faith moral learning.
This research approach used descriptive qualitative method. The research subject were principals, vice principal of curriculum, faith morality teacher. The technique of collecting data used interviews, observation and documentation. Data analysis used data reduction, data estimation and conclusions.
The first research results are used macro design through cooperation with all components in school, parental and community support, while micro design is through the process of learning in the classroom and outer class. Second, the implementation of the design by the (1) creates the learning implementation plan that refers to the core copenset and the basic competence by guidance of curriculum 2013 (2) the knowledge transfer with value of divinity and human value of the faith, piety, honesty, dicipline, trustworthiness, responsibility, helping each other, caring for cleanliness (3) exemplary in the classroom and outer class (4) Familiarize with religious activities in school(5) trainternalization with supervisors, giving advice, reproof and penalties (6) evaluation with daily reviews, mid-semester and final semester exam. Third, the results of internalization implementation could be seen with the class and school conditions that are religious, disciplined students, honest, responsible, confident, helping each other, great academic and non-academic achievement, and society credibility in institution would be increasingly.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. and Sulalah, Sulalah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | internalisasi; nilai-nilai Islam; sikap sosial; Islamic values; social attitude | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2019 08:54 | |||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2019 08:54 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14459 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |