Ardiyangsyah, Ardiyangsyah (2018) Manajemen pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Khairaat Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Dolo Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text (Fulltext)
15750020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Salah satu bidang penting dalam pembelajaran Bahasa Arab adalah problematika manajemen pembelajaran Bahasa Arab. Tema besar ini adalah salah menjadi isu penting dalm pembelajaran di Pondok Pesantren khususnya di Pondok Pesantren al Khairaat Madinatul Ilmi Dolo yang telah menerapkan pembelajaran ini sejak Pondok berdiri. Pada awal berdirinya pondok hingga saat ini, problematika yang muncul antara lain dikarenakan oleh siswa lulusan dari sekolah umum yang masuk di Mts Pondok Pesantren al Khairaat Madinatul Ilmi yang notabennya masih belum bisa berbahasa Arab.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap problematika pembelajaran Bahasa Arab di Mts Pondok Pesantren al Khairaat madinatul Ilmi Dolo dengan Sub fokus mencakup: (1) Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab bagi peserta didik di Madrasah Tsanawiyah al-Khairaat Madinatul Ilmi Dolo (2) Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo (3) Upaya guru dalam mengatasi problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren al Khairaat Madinatul Ilmi (4) Metode pembelajaran bahasa Arab yang tepat untuk mengatasi problematika pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Khairaat Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Dolo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif dengan rancangan Studi Kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data meliputi Reduksi Data, Display Data, Interpretasi Data, Penyajian Data, Verifikasi Data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara teknik Tiangulasi antara sumber, member check, teknik diskusi, analisis kasus negatif dan perpanjangan waktu penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Problematika dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo mengalami dua problematika yaitu: problem linguistik dan non linguistik. (2) Usaha-usaha yang dilakukan guru bahasa Arab untuk mengatasi problem pembelajaran bahasa Arab adalah sebagai berikut : (a). Memberikan materi tambahan kepada siswa Memberikan materi atau bahan pelajaran yang kontekstual (b). Memberikan motivasi kepada siswa supaya mempelajari bahasa Arab tidak hanya dikelas saja dengan cara memberikan tugas yang dikerjakan dirumah. (c). Memberikan kesempatan yang sebanyak-banyaknya kepada siswa untuk bertanya baik mengenai bacaan, terjemah, qawaid dan menambah wawasan mengenai tata bahasa Arab. (d). Mengembangkan metode yang menarik kreatif, aktif dan juga menyenangkan. (3). Metode yang diterapkan untuk mengatasi problematika pembelajaran Bahasa Arab adalah metode Qir’ah, Metode Hiar, Metode Tarkib dan metode Insya’.
ENGLISH:
One important area in learning Arabic is the problematic management of Arabic learning. This big theme is one of the important issues in learning at Islamic Boarding Schools, especially at the Al Khairaat Islamic Boarding School Madinatul Ilmi Dolo which has been implementing this learning since Pondok stands. At the beginning of the establishment of the cottage until now, the problems that arose among others due to students graduating from public schools who entered the Islamic Boarding School Al Khairaat Madinatul Ilmi MTS which in fact still could not speak Arabic.
This study aims to uncover the problems of Arabic learning in the Al Khairaat madinatul Ilmi Dolo Islamic Boarding School Mts with Sub focus includes: (1) Arabic Language Learning for students in Madrasat Tsanawiyah al-Khairaat Madinatul Ilmi Dolo (2) Problems in Arabic Language Learning for Students in Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo (3) Teacher's efforts in overcoming the problems of Arabic Language Learning at the Al Khairaat Madinatul Ilmi Islamic Boarding School (4) The right Arabic learning method to overcome the problem of Arabic learning in MTs Al-Khairaat Madinatul Islamic Boarding School Ilmi Dolo. This study uses a Descriptive Qualitative approach with a Case Study design. Data collection is done by interviewing, observing, and documenting techniques. Data Analysis Techniques include Data Reduction, Data Display, Data Interpretation, Data Presentation, Data Verification, and drawing conclusions, checking the validity of the findings carried out by pillar technique between sources, member check, discussion techniques, negative case analysis and extension of research time.
The results of this study indicate that: (1) Problems in learning Arabic in Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo experience two problems, namely: linguistic and non-linguistic problems. (2) The efforts made by the Arabic teacher to overcome the problem of learning Arabic are as follows: (a). Providing additional material to students Providing contextual learning material or material (b). Motivate students to learn Arabic not only in class by giving assignments done at home. (c). Providing as many opportunities as possible to students to ask questions about reading, translation, qawaid and adding insight into Arabic grammar. (d). Develop interesting methods that are creative, active and also fun. (3). The method applied to overcome the problem of Arabic learning is the Qir'ah method, the Hiar Method, the Tarkib Method and the Insya method.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wargadinata, Wildana and Syuhadak, Syuhadak | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Manajemen pembelajaran bahasa arab; problematika pembelajaran; arabic language learning management; learning problems | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jan 2020 14:53 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jan 2020 14:53 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14454 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |