Rohmanudin, Imam (2019) Hikmah Perang Uhud dan implikasinya pada pendidikan Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110155.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Sejarah merupakan hadiah terbesar umat terdahulu kepada generasi penerusnya. Sebab di dalamnya terdapat banyak hikmah-hikmah sejarah untuk bekal mengarungi kehidupan, agar generasi penerus dapat menjalankan kehidupan dengan baik dan tidak terjebak mengulangi kesalahan yang sama. Pendidikan Islam merupakan lembaga atau sistem pendidikan yang dikembangkan dari dan disemangati atau dijiwai oleh ajaran dan nilai-nilai Islam seperti contoh ajaran yang terkandung dalam sejarah Islam. Oleh karenanya, para pelaku pendidikan Islam di sekolah dituntut untuk senantiasa menginternalisasikan ajaran dan nilai-nilai Islam dalam proses pendidikan. Agar dapat mewujudkan pendidikan Islam yang baik dan sukses, diperlukan pemahaman hikmah-hikmah sejarah serta implikasinya pada pendidikan Islam. Salah satu sejarah Islam yaitu peristiwa perang Uhud. Di dalamnya terdapat banyak hikmah sejarah yang telah dikaji oleh sejarawan dan mufassir dan berguna bagi pendidikan Islam.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini terdiri dari: 1) Bagaimana hikmah perang Uhud menurut pendapat sejarawan dan mufassir? 2) Bagaimana implikasi hikmah perang Uhud pada pendidikan Islam di sekolah?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menjelaskan hikmah perang Uhud menurut pendapat sejarawan dan mufassir. 2) untuk menjelaskan implikasi hikmah perang Uhud pada pendidikan Islam di sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dari sumber utama buku Fikih Sirah Mendulang Hikmah dari Sejarah Kehidupan Rasulullah Saw, Al-Habib Muhammad Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, dan Tafsir Al-Misbah. Analisis data yang digunakan peneliti dengan berfikir reflektif dan analisis isi. Dilakukan dengan tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data digunakan untuk menemukan hikmah perang Uhud yang terkandung dalam buku sejarah Islam dan tafsir al-Misbah serta implikasinya pada pendidikan Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kronologi perang Uhud diawali persiapan perang kaum muslimin dan kaum kafir Quraisy, dimulainya peperangan, peperangan dihentikan oleh kaum kafir Quraiys, dan peperangan berakhir setelah kedua belah pihak memutuskan kembali ke Mekah dan Madinah. Hikmah yang terdapat dalam perang Uhud adalah: merahasiakan sesuatu yang harus dirahasiakan, perintah mendidik anak sesuai dengan umurnya. Implikasi hikmah yang revelan dengan pendidikan Islam adalah: kepala sekolah harus memiliki kecakapan dalam bekerja sama seperti melakukan musyawarah. Guru harus menerima masalah peserta didik dengan hati yang terbuka dan sabar serta memperhatikan kemampuan dan kondisi peserta didik. Peserta didik harus menjaga rahasia guru dan tekun serta bersungguh-sungguh dalam belajar.
ENGLISH:
History is the greatest gift from the past generation to the next generation. It is because history contains many historical lessons for the provision of wading through life so that the next generation can run a good life and not be trapped in repeating the same mistakes. Islamic education is an institution or education system which is developed from and encouraged or inspired by Islamic teachings and values such as examples of instructions contained in Islamic history. Therefore, the executant of Islamic education in schools are required to internalize Islamic teachings and values in the education process constantly. To achieve a good and successful Islamic education, an understanding of ancient wisdom and its implications for Islamic education are needed. One of the histories of Islam is the Battle of Uhud. In the battle of Uhud, many historical lessons have been studied by historians and interpreters and are useful for Islamic education.
The focus of the research in this study consisted of 1) What is the wisdom of the Uhud Battle in the perspective of historians and mufassir? 2) What are the implications of Uhud’s Battle Wisdom on Islamic education at school? Meanwhile, the purpose of this study was: 1) to explain the wisdom of the Uhud Battle in the perspective of historians and mufassir. 2) to explain the implications of Uhud's Battle lessons on Islamic education in schools.
This study utilized a qualitative approach to the type of library research. Moreover, the technique of collecting data employed documentation from the primary source of the book entitled Fikih Sirah Mendulang Hikmah dari Sejarah Kehidupan Rasulullah Saw, Al-Habib Muhammad Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, and Tafsir Al-Misbah. Besides, data analysis was done by the researcher by doing reflective thinking and content analysis. It is performed with three stages, namely: data reduction, data presentation, and conclusion. Data analysis was used to find the lessons of Uhud Battle contained in Islamic history books and al-Misbah's interpretations and their implications for Islamic education.
The results show that the chronology of the battle of Uhud began with the preparation of the war of the Muslims and the infidels of Quraysh, the onset of war, the war was stopped by the infidel Quraiys, and the war ended after the two sides decided to return to Mecca and Medina. The lesson found in the Uhud Battle is: keep something that must be kept a secret, and an order to educate children according to their age. The implications of the wisdom that are relevant to Islamic education are: principals must have the skills to work together, such as conducting deliberations. The teacher should accept the problem of the students with an open and patient heart and pay attention to the abilities and conditions of the students. Students must keep the teacher's secret, become diligent and earnest in learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | sejarah; perang uhud; pendidikan islam; history; the battle of uhud; islamic education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2019 10:35 | ||||||
Last Modified: | 31 Jul 2019 10:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14428 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |