Responsive Banner

Peran program Qiyamul Lail dalam meningkatkan kemandirian santri di Lembaga Pendidikan Al-Quran Wardatul Ishlah Merjosari Malang

Suryanti, Ervina Eka (2019) Peran program Qiyamul Lail dalam meningkatkan kemandirian santri di Lembaga Pendidikan Al-Quran Wardatul Ishlah Merjosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
15110115.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

INDONESIA:

Kemandirian merupakan kemampuan untuk mengontrol atau mengendalikan dirinya untuk tidak menggantungkan diri kepada orang lain. Peranan lembaga pendidikan dalam pembentukan kepribadian anak sangat berpengaruh, apalagi dalam pembentukan kepribadian kemandirian pada anak. Kemandirian pada anak dapat dibentuk atau ditingkatkan melalui berbagai macam cara, tergantung pada lembaga pendidikan yang mengemasnya. Peran lembaga pendidikan setelah keluarga terutama orang tua merupakan bagian terpenting pada masa perkembangan anak. Maka dari itu lembaga pendidikan dituntut untuk selalu berupaya memberi pelayanan terbaik bagi anak dalam usaha peningkatan pengetahuan anak maupun pembentukan dan peningkatan kepribadian mandiri pada anak melalui beragam cara atau model guna menunjang selama proses pembelajaran dan bekal bagi anak untuk menjalankan kehidupan dimasa mendatang.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1). Implementasi Program qiyamul lail di Lembaga Pendidikan Al-Quran Wardatul Ishlah. 2). Implikasi penerapan program qiyamul lail di Lembaga Pendidikan Al-Quran Wardatul Ishlah terhadap kemandirian santri.

Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan riset secara kualitatif dengan pendekatan kualitatif bentuk deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model Bogdan dan Biklen, yakni proses data yang diambil dari pelaksanaan kegiatan ataupun setelah data terkumpul dari observasi dan wawancara. Langkah selanjutnya kemudian dilakukan analisis kualitatifnya secara berkesinambungan sampai terjadinya titik jenuh data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Implementasi Program qiyamul lail di LPQ Wardatul Ishlah yaitu terdiri dari tiga tahap meliputi: (a). Tahap pembuka yang berisi sholat isya’ berjamaah dan pembacaan doa sebelum belajar dan doa mengawali kegiatan (b). Tahap Inti, yaitu pelaksanaan qiyamul lail dan (c). Tahap penutup yaitu pembacaan doa setelah belajar dan pembagian makanan ringan. 2) Implikasi Program qiyamul lail di LPQ Wardatul Ishlah dalam Meningkatkan Kemandirian santri yakni: (a). Adanya kepercayaan diri terhadap santri saat proses pembelajaran dengan berani mengungkapkan gagasan dan pendapat (b). santri dapat percaya diri bersosial dengan masyarakat dan menyesuaikan dengan norma yang berlaku. dan (c). Santri dapat mengambil keputusan dengan mandiri dan dapat bertanggung jawab. dan (d). Santri mampu bersikap dewasa dan memahami berbagai perbedaan watak, sifat, dan pendapat teman – temannya selama proses pembelajaran maupun pada lingkungan masyarakatnya.

ENGLISH:

Independence is the ability to control himself not to depend on others. The role of educational institutions in the formation of student personality is very influential, especially in the formation of independence personality in students. Independence in students can be formed or improved in various ways, depending on the educational institution that wraps it. The role of educational institutions after the family, especially parents, is the most important part of student development. Therefore, education institutions are required to strive and provide the best service for students in an effort to increase student knowledge and the formation improvement of independent personalities in students through various ways or models to support during the learning process and provision for students to live their lite in the future.

The purpose of this research is to find out and describe: 1). Implementation of the qiyamul lail Program at the Al-Quran Educational Institution Wardatul Ishlah. 2). The implications of implementing the qiyamul lail program at the Al-Quran Education Institute Wardatul Ishlah towards the independence of santri.

To achieve this purpose the researcher qualitative research especially descriptive qualitative approach. The data are collecting by some methods, those are interview, observation and documentation. Data analysis used data analysis Bogdan and Biklen model, that is the process of data taken from the implementation of activities or after the data collected from observation and interviews. The next step is to carry out the qualitative analysis continuously until the data saturation point occurs.

The results of the research show, that: 1). The implementation of the qiyamul lail program at LPQ Wardatul Ishlah which consists of three stages including: (a). The opening stage are together and the recitation the prayer before learning and prayer to start the activity (b). The Core stage, is the implementation of qiyamul lail and (c). The closing stage is reading the prayer after studying and distributing snacks. 2) The implications of the qiyamul lail program in LPQ Wardatul Ishlah in Increasing the independence of santri are: (a). The confidence of santri during the learning process boldly expresses ideas and opinions (b). santri can confidently socialize with the community and adjust to the prevailing norms. and (c). Santri can make decisions independently and can be responsible. and D). Santri is able to be mature and understand various differences in character, nature, and opinions of his friends during the learning process and in the society.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sahlan, Asmaun
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSahlan, AsmaunUNSPECIFIED
Keywords: kemandirian; santri; program qiyamul lail; independence; student; qiyamul lail program
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 31 Jul 2019 08:24
Last Modified: 31 Jul 2019 08:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14425

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item