Khoirin, Dalila (2019) the Implementation of Islamic education learning methods based on Qur'an surah an-Nahl 125 in SMP NURIS Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan dalam pendidikan pada masa sekarang semakin kompleks, permasalahan ini disebabkan dari berbagai komponen pendidikan, guru juga terlibat dalam permasalahan pendidikan saat ini. Beberapa guru masih belum mampu menerapkan metode pembelajaran yang tepat, metode yang dipakai tidak sesuai dengan kondisi atau karakteristik siswa. Faktanya pendidikan di Indonesia masih banyak sekali yang menggunakan dan mengadopsi metode pembelajaran dari Barat, Sementara itu metode yang bersumber dari al-Qur’an dan telah di contoh kan oleh Nabi sangat variatif dan dinilai efektif untuk di terapkan. Misalnya metode yang bersumber dari Q.S an-Nahl: 125. SMP NURIS Jember telah menggunakan metode yang bersumber dari Q.S an-Nahl: 125 ini sejak tiga tahun lalu, sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan Hadits Nabi SAW.
Dari latar belakang di atas, maka fokus peneltian nya adalah bagaimana cara mengimplementasikan motode pembelajaran PAI dan apa faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran PAI yang berbasis pada Q.S an-Nahl 125 di SMP NURIS.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan peneliti menggunakan metode ini agar mendapatkan informasi yang valid dan sesuai dengan realita dilapangan yang kemudian dianalisis dengan teori yang telah ditemukan.
Temuan penelitian yang didapatkan adalah penerapan metode al-Hikmah, Mauidotul Hasanah dan Mujadalah sangat diterima oleh siswa dan menjadikan siswa SMP NURIS Jember lebih mengerti dan memahami materi pelajaran PAI. Tiga metode ini sengaja digunakan karena telah dianjurkan oleh Allah SWT dan dicontohkan oleh Nabi SAW, penggunaan metode ini juga dimaksudkan agar siswa lebih dapat memahami materi pelajaran dan memahami dalil yang berkaitan dengan materi pelajaran. Penerapan tiga metode ini juga di bantu dengan penggunaan metode-metode lain dan juga dengan media yang tepat. Jadi sebelum penerapan metode, guru PAI SMP NURIS melakukan tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, hal ini dilakukan agar penerapan metode dapat lebih baik dan mengetahui hasil dari pembelajaran.
ENGLISH:
Educational problems nowadays are getting complicated. It is due to various educational components and teachers are also involved in the problems. Some teachers are not able to implement correct learning method and their method is not inline with students’ condition or characteristics. The fact is that education in Indonesia is still a lot that uses and adopts learning methods from the West, meanwhile the methods derived from the Qur'an and have been demonstrated by the Prophet are very varied and are considered effective to implement. For example, the method comes from Q-an-Nahl: 125. SMP NURIS Jember has used a method derived from Q-an-Nahl: 125 since three years ago, according to the guidance of the Qur'an and the Hadith of the Prophet.
From the background of the study, the focus of the research will be on how to implement Islamic education learning method and to find out the supporting and inhibiting factors on the implementation of Islamic education based on Surah An-Nahl ayah 125 in SMP NURIS.
The study is a qualitative research and it employs a descriptive qualitative approach. It is also a field study. To collect the data, the researcher uses the method of interview, observation, and documentation in order to get a valid data to analyse using existing theories.
The result of the study shows that the implementation of al-Hikmah, Mauidotul Hasanah and Mujadalah methods is well accepted by the students and gives them a better understanding on the Islamic education materials. The three methods are used since their implementation are encouraged by Allah and are exemplified by the Prophet Pbuh. The implementation also aims to gives students a better understanding on the materials and their postulates. However, their implementations are supported with other methods and proper media. So, during the the process, the Islamic education teachers of SMP NURIS conduct planning, implementation, and evaluation stage to have a better implementation and to find out the learning result.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | implementation; method; Islamic education learning; implementasi; metode; pembelajaran PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2019 14:16 | ||||||
Last Modified: | 16 Jul 2019 14:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14422 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |