Yusuf, Wifqi Muwaffiqur Rohman (2019) Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14110245.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Latar belakang penelitian ini adalah berasal dari kebijakan pemerintah yang menyuruh setiap lembaga pendidikan formal atau sekolah untuk mengadakan program pendidikan inklusi. Dengan artian sekarang itu anak berkebutuhan khusus (ABK) tidak hanya sekolah di sekolah luar biasa, akan tetapi bisa juga sekolah di sekolah umum tempat anak normal. Konsekuensinya adalah sekolah umum tidak boleh menolak anak berkebutuhan khusus yang mendaftarkan diri untuk bersekolah di sana. Pemerintah mengeluarkan kebijakan seperti itu karena menampung aspirasi masyarakat yang mengatakan bahwa dengan menyekolahkan ABK di sekolah luar biasa yang berbeda dengan anak normal lainnya sama halnya dengan melakukan deskriminasi. Peneliti berpandangan bahwa dengan menyekolahkan ABK di sekolah inklusi seperti itu malah akan memberatkan ABK tersebut. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa kegiatan belajar mengajar di sekolah luar biasa itu tidak seburuk yang mereka sangkakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB Negeri Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil latar SMPLB Negeri Malang sebagai tempat penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Sedangkan analisis datanya dilakukan dengan memberikan interpretasi terhadap data yang telah diperoleh guna mendapatkan suatu kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru-guru SMPLB Negeri Malang, melaksanakan perencanaan pembelajaran sebagaimana sekolah umum, hal ini dapat dilihat dari prota, promes dan RPP yang ada (2) Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran ekspositori dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan menulis materi. (3) Evaluasi pembelajarannya ada empat macam, yaitu penugasan, ulangan harian, UTS dan UAS. Sedangkan aspek penilaiannya ada tiga, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.
ENGLISH:
The background of this research is derived from government policies that instruct every formal education institution or school to hold an inclusive education program. With the current meaning that children with special needs (ABK) not only go to special schools, but they can also go to public schools where children are normal. The consequence is that public schools should not reject children with special needs who enroll in school there. The government issued a policy like that because it accommodates the aspirations of the people who say that by sending ABK students in extraordinary schools that are different from other normal children as well as doing discrimination. The researcher believes that sending an ABK to an inclusive school will only burden the ABK. Therefore, the researchers conducted this study to show the community that teaching and learning activities in extraordinary schools were not as bad as they thought.
This study aims to describe learning planning, learning process and evaluation of Islamic religious education learning for children with special needs in Extraordinary Middle School of Malang.
This research is a field research by taking the background Extraordinary Middle School of Malang as a place of research. Data collection in this study was conducted by interview, observation, documentation and triangulation. While the data analysis is done by giving an interpretation of the data that has been obtained in order to get a conclusion.
The results showed that (1) Teachers of Extraordinary Middle School of Malang, carrying out learning planning as a public school, this can be seen from prota, promissory notes and existing RPP (2) Learning strategies used are expository learning strategies using the lecture method, ask answer and write material. (3) Evaluation of learning has four types, namely assignments, daily tests, UTS and UAS. While there are three aspects of the assessment, namely cognitive, affective and psychomotor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | perencanaan pembelajaran; proses pembelajaran; evaluasi pembelajaran; learning planning; learning process; learning evaluation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2019 15:37 | ||||||
Last Modified: | 19 Jul 2019 15:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14418 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |