Chikmah, Afnida Nur (2019) Pengaruh lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di MTsN 8 Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130115.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar merupakan tingkat penguasaan kompetensi siswa terhadap aspek belajar kognitif yang diukur dengan skor tes penilaian tengah semester. Pencapaian hasil belajar tersebut tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa. Menurut Slameto belajar siswa dipengaruhi dua faktor yaitu faktor intern seperti kecerdasan emosional dan faktor ekstern seperti lingkungan keluarga.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) menjelaskan pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di MTsN 8 Kediri, (2) menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di MTsN 8 Kediri, (3) menjelaskan pengaruh lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di MTsN 8 Kediri.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi yang diambil yaitu seluruh siswa kelas VIII di MTsN 8 Kediri sebanyak 222 siswa, dengan teknik pengambilan sampel jenis random sampling atau sampel acak sebanyak 143 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket dan dokumentasi, kuesioner atau angket diuji dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, serta uji hipoteisis dengan uji T, dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lingkungan keluarga tidak berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar yang berarti bahwa lingkungan keluarga bukan faktor dominan yang mempengaruhi hasil belajar. (2) kecerdasan emosional tidak berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar yang berarti bahwa kecerdasan emosional bukan faktor dominan yang mempengaruhi hasil belajar. (3) lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional tidak berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar yang berarti bahwa lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional bukan faktor dominan yang mempengaruhi hasil belajar.
ENGLISH:
Learning outcomes are the level of students’ mastery competencies on aspects of cognitive learning as measured by midterm assessment test scores. The achievement of learning outcomes is interelated from the factors that influence the student learning. According to Slameto, student learning is affected by two factors, namely internal factors such as emotional intelligence and external factors such as the family environment.
The purpose of this study are to: (1) explain the influence of the family environment on social studies learning outcomes of eighth grade students of MTsN 8 Kediri, (2) explain the effect of emotional intelligence on social studies learning outcomes of eighth grade students of MTsN 8 Kediri , (3) explain the influence of family environment and emotional intelligence on social studies learning outcomes of eighth grade students of MTsN 8 Kediri.
In order to achieve the objectives above, a correlational quantitative research approach is used in this study. The population taken is 222 8th grade students of MTsN 8 Kediri, with a sampling technique of random sampling or a random sample of 143 students. The data collection techniques used in this study are questionnaires and documentation, questionnaires are examined by using validity and reliability tests. The data analysis technique used in this study is descriptive statistical analysis, classic assumption test, multiple linear regression analysis, and hypothetical test with T test, and F test.
The results of the study show that (1) the family environment does not have a significant positive effect on learning outcomes which means that the family environment is not the dominant factor that influences learning outcomes. (2) emotional intelligence does not have a significant positive effect on learning outcomes which means that emotional intelligence is not the dominant factor that influences learning outcomes. (3) family environment and emotional intelligence does not have a significant positive effect on learning outcomes which means that the family environment and emotional intelligence are not the dominant factors that influence learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | lingkungan keluarga; kecerdasan emosional; hasil belajar; family environment; emotional intelligence; learning outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2020 14:33 | ||||||
Last Modified: | 28 Jan 2020 14:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14403 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |