Rochimah, Rifdatur (2019) Implementasi pendidikan kecakapan hidup dalam membentuk jiwa kewirausahaan siswa SMA Ma’arif NU Pandaan: Studi kasus program lembaga pelatihan keterampilan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130090.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang melimpah sekaligus menjadi negara dengan predikat jumlah penduduk terbanyak nomer empat didunia. Dengan dua potensi besar ini harusnya Indonesia mampu terdaftar sebagai negara maju. Namun nyatanya Indonesia sampai saat ini masih masuk dalam kategori negara berkembang. Hal ini tidak lain dikarenakan kurangnya jumlah wirausahawan di Indonesia.
Tujuan Penelitian adalah untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan program lembaga pelatihan ketrampilan dalam membentuk jiwa kewirausahaan siswa SMA Ma’arif NU Pandaan, (2) Mengetahui hasil dari pelaksanaan program lembaga pelatihan kerja dalam membentuk jiwa kewirausahaan siswa, (3) Mengetahui kendala dalam pelaksanaan program lembaga pelatihan ketrampilan dalam membentuk jiwa kewirausahaan siswa SMA Ma’arif NU Pandaan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data (penyajian data), mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pelaksanaan program lembaga pelatihan kerja terdiri dari 11 jurusan keahlian yakni:Multimedia, Fotografi, Tata Rias, Tata Boga, Otomotif, TKJ, Akuntasi, Tata Busana, Administrasi Perkantoran, B. Jepang, B. Inggris. Untuk menunjang program biasanya diadakannya kolaborasi antar jurusan dan Study Tour ke tempat yang berhubungan dengan program. (2) Hasil dari pelaksanaan program LPK yakni adanya jiwa kewirausahaan dalam diri peserta didik, seperti : percaya diri, mempunyai sikap kepemimpinan, pengambilan resiko, mampu berkerja sama dengan orang lain, mempunyai pandangan kedepan, mampu membaca peluang yang ada, berani memulai berwirausaha, dan mempunyai sikap keorisinilan. Selain itu banyak perubahan ketrampilan yang didapatkan oleh peserta didik pada masing-masing jurusan kehlian. Untuk sekolah, hasil pelaksanaan program berupa prestasi yang berbekal dari program LPK. (3) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program LPK berasal dari faktor internal. Antara lain: perbedaan minat pada setiap peserta didik yang menyebabkan kurang kondusifnya keadaan kelas. Keterbatasan waktu pembelajaran, dikarenakan banyaknya kegiatan sekolah selain program LPK.
ENGLISH:
Indonesia is a country with abundant natural wealth. Besides, Indonesia also becomes a country with the most number four population in the world. With these two great potentials, Indonesia should be able to be registered as a developed country. In fact, Indonesia is still in the category of developing countries. This is because of the lack of entrepreneurs in Indonesia
The objectives of research are: (1) to know the implementation of skills training programs in shaping the entrepreneurial spirit of senior high school students of Ma'arif NU Pandaan, (2) to know the results of the implementation of job training institute programs in the form of entrepreneurial spirit of students, (3) to know the obstacles in the implementation of skills training institutions in the form of entrepreneurial spirit of high school students Ma'arif NU Pandaan.
This research method uses a qualitative approach, with the type of case study research. The technique of collecting data is in-depth interviews, observations, and documentations. The data analysis used is data reduction, data display (data presentation), and drawing conclusions
The results showed that, (1) The implementation of the job training institute program consisted of 11 majors namely: Multimedia, Photography, Makeup, Catering, Automotive, TKJ, Accounting, Clothing, Office Administration, Japanese, English. To support the program, there is usually collaboration between departments and study tours to some places related to the program. (2) The results of the LPK program implementation are the entrepreneurial spirit in students, such as: self-confidence, having a leadership attitude, taking risks, being able to work with other people, having a forward vision, being able to read opportunities, daring to start entrepreneurship, and has an original attitude. In addition, there are many skills changes obtained by students in each department of authenticity. However, the results of the program are in the form of achievements armed with the LPK program. (3) Constraints faced in implementing the LPK program come from internal factors. Among other things: differences in interest in each student which causes a conducive class condition. The limitation of learning time is due to the many school activities besides the LPK program.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhroh, Ni’matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pendidikan kecakapan hidup; lembaga pelatihan kerja; jiwa kewirausahaan; life skills education; job training institution; entrepreneurship soul | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2020 14:32 | ||||||
Last Modified: | 28 Jan 2020 14:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14402 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |