Muawiyah, Rofiqotul (2019) Penerapan strategi team teaching dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada kelas VIII mata pelajaran IPS di SMPI Sabilurrosyad Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12130140.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
SMP Islam Sabilurrosyad Malang merupakan salah satu sekolah baru di Kota Malang, yang berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Sabilurrosyad, Sebagian besar peserta didik berasal dari luar kota, perbedaan asal daerah tersebut menimbulkan perbedaan karakteristik setiap individual termasuk gaya belajar. Proses belajar merupakan interaksi antara murid dengan guru dan sumber ilmu pengetahuan dalam mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikolog murid, baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah sehingga pentingnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru untuk meningkatkan prestasi siswa dengan salah satu metode yaitu team teaching.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran team teaching di kelas VIII (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran team teaching di kelas VIII (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran team teaching di kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui pembelajaran yang berkonteks kelas dan dilaksanakan oleh guru guna memecahkan masalah-masalah pembelajaran dalam kelas untuk mendapat hasil yang maksimal dalam meningkatkan prestasi siswa.
Hasil penelitian adalah: (1) perencanaan dilakukan dengan mempersiapkan materi yang telah didiskusikan dan disepakati berdasarkan RPP pada siklus I, siklus II maupun siklus III. (2) Pelaksanaan team teacing pada siklus I peran guru pertama menjelaskan materi dan peran guru kedua melakukan pendampingan kepada siswa. siswa terllibat secara menyeluruh sedangkan pada pelaksanaan siklus II dilaksanakan melalui pembagian dua kelompok, kelompok pertama di dampingi oleh guru pertama dan kelompok kedua didampingi oleh guru kedua. Pelaksanaan pada siklus III pembentukan kelompok menjadi dua kelompok dan masing-masing kelompok diberikan waktu berdiskusi antar teman yang nantinya hasil diskusi akan di sampaikan di depan kelas. (3) Evaluasi pelaksanaan team teaching pada siklus I siswa masih belum mamahami secara menyeluruh mengenai materi yang disampaikan, selain itu tingkat keaktivan siswa masih jauh dari rata-rata, siklus II menunjukkan tingkat keaktifan dan antusias siwa bertanya lebih efektif dan pada siklus III siswa lebih antusias dalam bertanya dan berdiskusi antar teman serta lebih mampu dan percaya diri dalam mengutarakan pendapat.
ENGLISH:
Sabilurrosyad Islamic Middle School Malang is one of the new schools in the city of Malang, which stands under the auspices of the Sabilurrosyad Islamic Education Foundation. Most of the students come from outside the city, the differences from the regions cause different characteristics of each individual including learning styles. The learning process is the interaction between students and teachers and the source of knowledge in developing cognitive, affective, and psychologist abilities of students, both in the school environment and outside the school environment so the importance of the learning model applied by the teacher to improve student achievement with one method, namely the team teaching.
This study aims (1) to describe team teaching learning planning in class VIII (2) to describe the implementation of team teaching learning in class VIII (3) to describe the evaluation of team teaching learning in class VIII. The method used in this study is classroom action research conducted through classroom contextual learning and implemented by teachers to solve learning problems in the classroom to get maximum results in improving student achievement.
The results of the study are: (1) planning is done by preparing material that has been discussed and agreed upon based on the RPP in the first cycle, second cycle and third cycle. (2) The implementation of team teacing in the first cycle of the teacher's first role explains the material and the role of the second teacher to provide assistance to students. students are fully involved while the implementation of the second cycle is carried out through the division of two groups, the first group is accompanied by the first teacher and the second group is accompanied by the second teacher. The implementation in the third cycle of group formation into two groups and each group is given time to discuss between friends who later the results of the discussion will be conveyed in front of the class. (3) Evaluation of the implementation of team teaching in the first cycle students still did not comprehensively understand the material presented, besides the level of student activity was still far from the average, the second cycle showed the level of activity and enthusiastic students asked more effectively and in the third cycle more students enthusiastic in asking questions and discussing among friends and being more capable and confident in expressing opinions.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | team teaching | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2020 14:21 | ||||||
Last Modified: | 28 Jan 2020 14:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14397 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |