Hariyanto, Mochammad (2019) Peran guru lmu Pengetahuan Sosial dalam meningkatkan karakter sosial pada pembelajaran IPS materi kehidupan sosial manusia di SMP Darul Lughah Wal Karomah Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12130048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Secara sosial, guru pada hakikatnya memiliki peran signifikan terhadap kegiatan proses pembelajaran ilmu pengetahuan social di SMP Darullughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo. Karena itu, kegiatan pembelajaran tersebut, secara umum tidak hanya mengarahkan peserta didik pada aspek pengetahuan (kognitif) apalagi keterampilan (psikomotorik) semata, tetapi bagaimana pembelajaran di atas dapat juga membentuk dan mengembangkan karakter dikalangan peserta didik, terutama di SMP Darullughah Wal Karomah Kraksaan, sehingga dapat membentuk pribadi peserta didik yang lebih baik (morality),demikian pentingnya model pembelajaran di atas, sebagai upaya untuk mengintegrasikan ketiga aspek tersebut, dan menjadi bagian dari kegiatan penelitian ini, untuk didiskusikan dan dibahas dalam skripsi ini.
Kegiatan penelitian di SMP Darullughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo ini, secara konseptual lebih memfokuskan pada tiga hal, antara lain; a) peran guru IPS dalam meningkatkan karakter sosial siswa, b) proses peningkatan karakter sosial melalui pembelajaran IPS dan c) wujud hasil peran Guru IPS dalam meningkatkan karakter sosial siswa di SMP Darullughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo. Demikian ketiga aspek tersebut, bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami peran guru dalam meningkatkan karakter sosial melalui kegiatan pembelajaran, sehingga dapat melahirkan model karakter yang lebih baik di SMP Darullughah Wal Karomah. Pada aspek yang lain, penelitian ini diharapkan dapat melahirkan landasan konseptual dibidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan dijadikan bahan studi lanjutan dan digunakan sebagai referensi bagi guru dalam meningkatkan karakter sosial siswa melalui pembelajaran IPS, disamping mampu meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Terpadu dengan mengintegrasikan karakter sosial dalam materi dan tema pembelajaran yang sesuai yaitu kehidupan sosial manusia.
Sementara penelitian ini dapat diuraikan secara luas dan mendalam, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Karena itu, penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami fenomena yang terjadi secara utuh (holistik) dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Dalam studi pelacakan data, penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan pengamatan secara langsung sebagai sumber data primer, sedangkan dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk melengkapi kedua sumber data tersebut, pada bagian kedua dan dimaknai sebagai sumber data sekunder. Pada penelitian ini, teknik analisis data menggunakan model analisis data sebagaimana yang dapat dikemukakan oleh Miles dan Huberman, mengenai reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), verifikasi data (conclition drawing).
Penelitian ini secara universal melahirkan beberapa temuan; 1) peran guru IPS dalam kegiatan pembelajaran dilakukan melalui proses perencanaan dalam proses pembelajaran, 2) peningkatan karakter melalui pembelajaran IPS dapat dilakukan melalui pemberian contoh yang baik dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah, memberi contoh berpakaian dan menjaga tutur kata yang lebih baik, penegakan kedisiplinan yang dilakukan guru IPS dengan pembuatan peraturan, memberikan peringatan dan pembiayasaan dalam memberikan kebiasaan positif kepada peserta didik. 3) Wujud dari peran guru IPS dalam meningkatkan karakter sosial, meliputi sikap cinta tanah air, disiplin, rasa kebersamaan, rasa kepedulian, gotong royong, tolong menolong, keberanian, tanggungjawab, kepercayaan, kreatif dan inovatif, sportivitas, percaya diri, terampil, kemandirian, demokrasi, serta sadar kewajiban dan hak.
ABSTRACT
Socially, the teacher basically has a significant role to the activity of learning process of social science at SMP Darullughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo. Therefore, the learning activities generally not only directing students to the aspects of knowledge (cognitive) especially (psychomotor) skills alone, but how the learning process of social science also can shape and develop the characters among the students, particulary at SMP Darullughah Wal Karomah Kraksaan, so it can shape the students’ personality to be better (morality), thus the importance of the learning model as an effort to integrate these three aspects and become a part of this research activity to be discusses and examined in this thesis.
The research activity at SMP Darullughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo, conceptually focus more on three things, among others are: a) the role of social science teacher in improving students’ social characters, b) the process of improving social character through social science learning, c) the results of social science teacher’s role in improving the social character of students at SMP Darullughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo. Thus, those three aspects aims to describe and understand the teacher’s role in improving the social character through learning activities so that it can produce a better character model at SMP Darullughah Wal Karomah. In another aspect, this study is expected can create conceptual framework in the field of social science and uses as advanced study material and as reference for the teacher to improve students’ social characters through social science learning, despite being able to improve the quality of integrated social science learning by integrating social character in the material and the suitable learning theme that is human social life.
While this study can be described broadly and deeply, this study used qualitative research with descriptive-qualitative approach. Hence, qualitative research intends to undertand the phenomenon that happen as a whole (holistic) by way of description and in the forms of words and language, in a special natural context and by using interview technique and direct observation as a primary data source, whereas documentation in this study used to complete both data sources, in the second part and as a means of secondary data source. In this study, data analysis technique used model data analysis of Miles and Hubberman, namely data reduction, data display, and data verivication (conclition drawing).
This study universally resulting in some findings, among others are; 1) the role of social science teacher in learning activities was carry out through planning process in learning process, 2) character improvement through social science learning can be done by giving a good examples and maintain the cleanliness of school environment, give examples the way of dressing and maintaining a better speech, enforcing the discipline behavior by the teacher by making rules, giving warnings and habituation in the form of positive habits to the students, 3) the form of social science teacher’s role in improving social characters include: patriotism, discipline, a sense of togetherness, a sense of caring, cooperation, helping each other, courage, responsibility, trust, creative and innovative, sportmanship, confidence, skills, independence, democracy, and aware of obligations and rights.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | peran guru; pembelajaran dan pembentukan karakter sosial; teacher’s role; learning and shaping social characters | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2020 14:17 | ||||||
Last Modified: | 31 Mar 2023 12:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14395 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |