Ikhsan, Nanda Fadila (2019) Pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS untuk membentuk sikap sosial peserta didik di MTs Babussalam, Pagelaran, Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kita tahu bahwa zaman semakin bergeser kearah moderenis, berbagai temuan dan teknologi telah masuk dalam ruang kehidupan kita, gaya hidup pun juga ikut bergeser dari tradisionalis menuju modern. Perkembangan zaman sangat berpengaruh besar dalam proses perkembangan anak, karena berkaitan dengan kegiatan dan perilaku anak. Melihat kenyataan semacam ini masyarakat terlihat gusar dengan maraknya penyimpangan dan kenakalan anak remaja akibat berkembangnya zaman, hal tersebut dikarenakan penyalahgunaan dan penerimaan era modern yang tidak maksimal. Lantas sering sekali kita mendengar tentang berbagai tindakan tak bermoral dilakukan oleh remaja, atau pun pelajar.
Pendidikan seharusnya menjadi alternative utama dalam meminimalisir kejadian-kejadian yang dewasa ini santer terjadi, maka dengan konsep pendidikan karakter yang menitik beratkan pada setiap karakter pelajar, diharapkan mampu membekali pelajar dalam menghadapi kemajuan zaman, serta mampu menuai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus penelitian ini: 1) Memahami Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di MTs Babussalam, 2) memahami Faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di MTs Babussalam.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kedua hal tersebut. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripikan dan menginterpretasikan data-data yang di hasilkan untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut : Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di MTs Babussalam dilakukan dengan mengintegrasikan antara pendidikan karakter dengan mata pelajaran IPS Terpadu baik didalam kelas maupun diluar kelas, adapun factor pendukung dalam rangka pengimplementasian pendidikan karakter tersebut, selain itu ada beberapa hal yang menjadi penghambat dalam prosesnya, seperti mayoritas siswa yang jauh dari orang tuanya, sampai tata tertib sekolah yang kurang massif untuk dijalankan.
ENGLISH:
We know that the times are shifting towards modernism, various findings and technology have entered our space of life, even life style has also shifted from traditionalist to modern. Age development is very influential in the child's development process, because it is related to the activities and behavior of children. Seeing this kind of reality the community looks upset by the rampant deviations and delinquency of teenagers due to the development of the times, this is due to the abuse and acceptance of the modern era which is not optimal. So often we hear about various immoral acts carried out by teenagers, or even students.
Education should be the main alternative in minimizing the events that occur today, so the concept of character education that focuses on each character of the student is expected to be able to equip students in facing the progress of the times, and be able to reap the benefits in everyday life.
The focus of this study: 1) Understanding Character Education in Social Studies Learning at MTs Babussalam, 2) understanding the supporting and inhibiting factors in implementing character education in social studies learning at Babussalam MTs. This study aims to describe these two things. The method of data collection is done through observation, interviews, and documentation. To analyze data, the author uses descriptive qualitative analysis techniques, which describe and interpret the data produced to describe reality in accordance with the actual phenomenon.
The results of the research conducted by the researchers are as follows: Character Education in Social Studies Learning in MTs Babussalam is done by integrating character education with Integrated Social Studies subjects both in the classroom and outside the classroom, as for supporting factors in the implementation of character education. some things that become obstacles in the process, such as the majority of students who are far from their parents, until the school rules are less massive to run..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pendidikan karakter; implementasi; pembelajaran IPS; character cducation; social attitude; social studies learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2020 15:14 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2020 15:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14383 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |