Huda, Moh. Syamsul (2018) Pengaruh kompetensi pedagogik dan fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar geografi kelas XI IPS MAN 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13130140.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
INDONESIA:
Motivasi belajar merupakan suatu keadaan yang mendorong peserta didik untuk belajar. Dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan sebab seseorang yang tidak memiliki motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktifitas belajar dengan maksimal. Motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dari segi ekstrinsik diantaranya adalah kompetensi pedagogik dan fasilitas sekolah. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik, sedangkan fasilitas sekolah adalah sarana dan prasarana yang tersedia untuk melencarkan kegiatan pendidikan di sekolah.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik terhadap motivasi belajar Geografi kelas XI IPS MAN 3 Malang (2) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar Geografi kelas XI IPS MAN 3 Malang (3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar Geografi kelas XI IPS MAN 3 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis korelasi yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan apabila ada berapa eratnya hubungan serta berarti atau tidak hubungan itu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner, setelah data terkumpul peneliti melakukan uji validitas, uji reliabilitas, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara parsial kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap motivasi belajar diperoleh nilai thitung sebesar 5,152 > ttabel 1,990 dan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. (2) Secara parsial fasilitas Sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar diperoleh nilai thitung sebesar 3,771 > ttabel 1,990 dan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. (3) Secara simultan kompetensi pedagogoik dan fasilitas sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar diperoleh dari Fhitung > Ftabel yaitu 45,880 > 3,112. Kemudian dari hasil adjusted R (koefisien determinasi) diperoleh nilai sebesar 0,526. Artinya bahwa 52,6% variabel motivasi belajar akan dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik (X1) dan fasilitas sekolah (X2). Sedangkan sisanya 47,4% variabel motivasi belajar akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
ENGLISH:
Learning motivation is a condition that encourages students to learn. In the learning process, motivation is needed because someone who does not have motivation in learning will not be able to do full learning activities. Learning motivation can be influenced by intrinsic factors and extrinsic factors. Extrinsic factors that influence learning motivation are pedagogic competence and school facilities. Pedagogic competence is the ability to manage student learning, the school facility is facilities and infrastructure to streamline educational activities at schools.
The purposes of the research are: (1) to determine the influence of pedagogic competencies against learning motivation of geography lesson of Class XI IPS (Social sciences) at MAN (Public Islamic Senior high School 3 of Malang (2) to determine the influence of learning Motivation against learning motivation of geography lesson of Class XI IPS (Social sciences) at MAN (Public Islamic Senior high School 3 of Malang (3) to determine the influence of pedagogic competencies and learning Motivation against learning motivation of geography lesson of Class XI IPS (Social sciences) at MAN (Public Islamic Senior high School 3 of Malang.
The research used a quantitative approach to the type of correlation which aims at finding the relationship between both. Data collection techniques used questionnaires, then tested the validity, reliability test, then analyzed using descriptive analysis, classical assumption test, multiple linear regression test, hypothesis test, and coefficient of determination.
The research results showed that: (1) partially, the pedagogic competency had an influence against learning motivation, the tcount was 5.152> t table 1.990 and the probability value was 0.000 <0.05. (2) Partially, the school facility had influence against the learning motivation, and obtained by the value of t count of 3.771> t table 1.990, and the probability value of 0.000 <0.05. (3) Simultaneously, the pedagogic competence and school facilities had significant influence against learning motivation, and obtained Fcount> Ftable that was 45,880> 3,112. Then from the Adjusted R (coefficient of determination) was obtained a value of 0.526. This meant that 52.6% of learning motivation variables will be influenced by pedagogic competencies (X1) and school facilities (X2). the remaining of 47.4% of learning motivation variable will be influenced by other variables.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kompetensi pedagogik; fasilitas sekolah; motivasi belajar; pedagogic competence; school facilitiesf; learning motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2020 15:05 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2020 15:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14381 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |