Iswanto, Rudi (2019) Implementasi pemberian reward dan punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTsN 4 Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12130105.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Teknik mengajar pengajar sangat mempengaruhi motivasi belajar seorang siswa khususnya ketika berada di dalam kelas. Jika seorang pengajar tidak memiliki teknik mengajar yang baik maka siswa akan cepat bosan dan tidak memiliki motivasi belajar. Kebanyakan dari para siswa tidak tertari atas apa yang disampaikan oleh guru ketika guru tersebut hanya menggunakan metode ceramah ketika di dalam kelas. Beberapa penelitian membuktikan dengan menggunakan reward dan punishment motivasi belajar siswa akan lebih meningkat.
Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah Untuk Mendeskripsikan implementasi pemberian reward dan punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTsN 4 Pasuruan dan Untuk mendeskripsikan hasil implementasi pemberian berbasis reward dan punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTsN 4 Pasuruan.
Penelitian ini ingin mengeksplor atau menggambarkan tentang bagaimana implementasi pemberian reward dan punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Adapun lokasi yang dijadikan tempat penelitian ini adalah MTsN 4 Pasuruan yang mana terletak di Jalan Wonorejo Kelurahan Wonorejo Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif , yang mana analisis datanya dilakukan dengan cara non statistic, yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggambarkan data yang diperoleh dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahkan dalam kategori-kategori untuk memperoleh kesimpulan.
Hasil Berdasarkan hasil penelitian adalah Implementasi reward dan punishment yang dilakukan di MTsN 4 Pasuruan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sudah berjalan dengan variatif. Reward yang diimplementasikan berupa pemberian pujian, pemberian penghargaan, dan hadiah bagi siswa yang disiplin dan berprestasi. Bentuk punishment yang diterapkan di sekolah adalah teguran, pemberian tambahan tugas, hafalan, serta denda berupa materi bagi peserta didik yang melakukan pelanggaran disiplin. Hasil dari implementasi reward dan punishment pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah meningkatnya motivasi belajar peserta didik di dalam kelas dengan adanya peningkatan perhatian siswa ketika belajar, peningkatan prestasi siswa serta peningkatan disiplin pada siswa.
ENGLISH:
Teachers teaching techniques greatly affect a student's motivation to learn, especially when it was in the classroom. If a teacher does not have a good teaching techniques and students will get bored and do not have the motivation to learn. Most of the students did not tertari on what is presented by the teacher when the teacher is only using the lecture method in the classroom. Several studies have shown the use of reward and punishment student's motivation will increase.
The aim of the research is to describe the implementation of reward and punishment to improve students 'motivation in class VIII B on the subjects of Social Sciences in MTsN 4 Pasuruan and to describe the results of the implementation of the provision based on reward and punishment to improve students' motivation in class VIII B on Social Science subjects in MTsN 4 Pasuruan.
This study wants to explore or describe how the implementation of reward and punishment to improve students' motivation in class VIII B on the subjects of Social Sciences. As for the location to be a place of this research is MTsN 4 Pasuruan which is located in the Village Road Wonorejo Wonorejo Wonorejo District of Pasuruan. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation methods. The data analysis technique used is descriptive qualitative, in which the data analysis is done by non-statistic, the research done by describing the data obtained by the words or phrases that are separated into categories for the conclusion.
The results of the study is the implementation of reward and punishment is done in MTsN 4 Pasuruan on the subjects of Social Sciences has been going well. Reward implemented form of praise, awards, and prizes for students who are discipline and achievement. Forms of punishment applied in schools is a strike, the provision of additional tasks, rote, and fines in the form of material for students with disciplinary offenses. Results from the implementation of reward and punishment on the subjects of Social Sciences is the increased motivation of learners in the classroom with the increasing attention of students when learning, increase student achievement and increased discipline in students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhroh, Ni’matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | implementasi; reward dan punishment; motivasi; implementation; motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2020 14:53 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2020 14:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14380 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |